Anggota DPD Minta Pelayanan Bandara Ditingkatkan – Kendari Pos
Politik

Anggota DPD Minta Pelayanan Bandara Ditingkatkan

KENDARIPOS.CO.ID — Bandara Haluoleo, salah satu pintu gerbang masuk ke Sultra. Aspek keselamatan dan pelayanan penumpang mesti menjadi prioritas. Untuk memastikan hal itu, anggota Komite II DPD RI Wa Ode Rabia Al Adwia turun meninjau langsung. Wanita berhijab itu melihat langsung fasilitas bandara mulai dari kantor, air traffic control (ATC), kargo dan gedung terminal.

Wa Ode Rabia Al Adwia

Anggota DPD RI asal Dapil Sultra itu menjelaskan kunjungannya ini dalam rangka pengawasan UU penerbangan yang merupakan agenda Komite II DPD RI yang mitra kerjanya Kementerian Perhubungan RI. Melihat langsung aktivitas di bandara untuk mengetahui segala permasalahan yang dialami pekerja. Sehingga segera dikoordinasikan dengan pihak yang berkompeten. “Teman-teman di bandara cukup komunikatif. Intinya saya turun melihat langsung ketimbang mencari data via telepon atau mewakilkan kepada staf. Ini juga sekaligus ajang silaturahmi,” tutur Rabia, baru-baru ini.

Rabia berpesan agar pelayanan di bandara dipertahankan dan ditingkatkan lagi karena ini menyangkut kenyamanan dan keselamatan masyarakat umum yang menggunakan jasa penerbangan. “Tolong selalu memperhatikan SOP yang ada. Jangan lupa tetap menjaga protokol kesehatan di masa pandemi ini,” imbau Rabia.

Sebelum pandemi Covid-19 melanda dan PPKM diberlakukan, aktivitas bandara cukup sibuk. Rabia mengatakan sekira 15-20 penerbangan setiap hari dengan estimasi 2.000-3.000 penumpang setiap hari sebelum PPKM diberlakukan. Namun, sejak pemberlakuan PPKM luar Jawa Bali, penerbangan di bandara Haluoleo mengalami penurunan. “Sekarang jumlah penerbangan hanya lima kali setiap hari, dengan estimasi 500-600 penumpang saja,” ujarnya.

Penurunan jumlah penerbangan menurut Rabia sangat berpengaruh terhadap para pekerja yang menggantungkan hidupnya dari aktivitas di bandara yakni para porter dan cleaning service. “Penghasilan petugas porter, teman-teman cleaning service dan pekerja jasa bandara lain ikut terdampak,” ungkapnya.

Wa Ode Rabia bertemu langsung dan berdiskusi dengan porter dan cleaning service. Usai kunjungan Rabia memberikan bantuan sembako. “Jangan dilihat dari besarnya, niat saya untuk berbagi kepada teman-teman semua. Semoga keadaan ini segera normal kembali,” imbuhnya. (ali/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy