8.580 Warga Belum Miliki KTP-el

KIA dan KK Lampaui Target
KENDARIPOS.CO.ID– Sebanyak 8.580 warga di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) ternyata diketahui belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik(KTP-el). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dis­dukcapil) setempat baru merealisasikan perekaman sebanyak 92 persen dari 98 persen target sasaran yang ditetapkan Pemerintah Pusat.

Untuk diketahui, jumlah wa­jib KTP-el di Kolut sebanyak 97.733 orang. 89.153 warga diantaranya telah melakukan perekaman dan berdasarkan jumlah sebaran penduduk, terbanyak berada di Kecama­tan Lasusua dan Ngapa.

Kepala Disdukcapil Ko­lut, Buhari, menjelaskan, pihaknya telah mengambil langkah massif melalui lay­anan jemput bola ke lapan­gan.Sayangnya, justru kadang masyarakat yang tidak datang. Padahal proses pengurusan saat ini sangat dimudahkan karena bisa di kantor desa ser­ta via online secara langsung. “Saran bagi para kepala desa, agar memgingatkan masing-masing warganya yang be­lum miliki KTP untuk segera mengurus,” imbau Buhari, Minggu (29/8).

Disisi lain, untuk capaian kinerja Disdukcapil Kolut dalam pembuatan kartu identitas anak (KIA) dan kartu keluarga (KK), telah melampaui target. Itu juga karena sebagian besar war­ga bisa mengurus di kan­tor desa masing-masing. “Tak banyak warga ke kan­tor hingga kurang antrean. Apalagi pelayanan buka hingga Minggu,” ujarnya.

Capaian KIA per akhir Juli disebutkan mencapai 31 persen dari 30 persen yang ditetapkan pusat. Begitu juga dengan KK yang di­targetkan 95 persen sudah mencapai 99,10 persen. “Akta kelahiran sisa 438 anak belum diurus oleh orang tuanya,” rinci Buhari.

Untuk diketahui, pelay­anan di kantor Disduk­capil terbuka setiap hari (Senin-Minggu). Dalam se­hari, staf di instansi tersebut memproses 200 hingga 300 dokumen kependudukan dan rutin mengupdate lapo­ran kinerja dua kali dalam sebulan ke pusat. (c/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *