Usul Rp 401 Miliar, Cair Rp 290 Miliar – Kendari Pos
Muna

Usul Rp 401 Miliar, Cair Rp 290 Miliar


KENDARIPOS.CO.ID– Proposal pinjaman daerah Pemer­intah Kabupaten Muna yang diajukan melalui program pemulihan ekonomi nasional (PEN) pada Kementerian Keuangan, dipastikan segera cair. Nilai pinjaman yang disetujui sekira Rp 290 miliar atau lebih sedikit dari yang diusulkan yakni Rp 401 miliar.

Bu­pati Muna, LM. Rusman Emba, men­erangkan, Pemkab tetap mengapre­siasi persetujuan pinjaman tersebut, kendati berkurang Rp 111 miliar. Pengurangan tersebut juga tidak ber­dampak pada program prioritas yang direncanakan seperti pembangunan pabrik jagung kuning, Pasar Sentral Laino dan sejumlah infrastruktur jalan raya.

“Dengan jumlah yang disetujui itu sudah cukup untuk membangun pro­gram strategis kita. Memang ada be­berapa yang akan dihilangkan, tetapi sudah lebih baik daripada tidak sama sekali,” tuturnya, Minggu (25/7).

Pin­jaman tersebut, lanjut Muna-1 itu, bakal segera cair pertengahan tahun ini. Pemkab pun sudah menyiapkan lelang pekerjaan yang dibiayai pinja­man tersebut. Ia memastikan, pro­gram seperti pasar dan pabrik jagung akan berdampak signifikan terhadap perekonomian daerah.

“Kita berharap bulan Agustus su­dah bisa dimulai pekerjaannya,” sambung Rusman Emba. Pinjaman yang diajukan Pemkab Muna tersebut bakal bekerja sama dengan PT. Sarana Multi Infrastruktur selaku debitur. Proposalnya diajukan melalui Direk­torat Jenderal Perimbangan Keuan­gan Daerah, Kementerian Keuangan. Pemkab memanfaatkan program PEN yang digulirkan Pemerintah Pusat un­tuk menstimulasi perekonomian daer­ah-daerah yang terdampak pandemi Covid-19.

“Kita sangat butuh dana pinjaman untuk percepatan pembangunan. La­gipula pinjaman itu tidak akan mem­bebani keuangan daerah,” tandasnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy