Sukseskan Program Pemerataan Guru, Dikbud Sultra Optimalkan Pendataan – Kendari Pos
Edukasi

Sukseskan Program Pemerataan Guru, Dikbud Sultra Optimalkan Pendataan

KENDARIPOS.CO.ID– Program aplikasi pemetaan dan pemerataan guru yang dirancang oleh Dinas Pen­didikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra akan dilun­curkan pada bulan Oktober 2021 mendatang. Saat ini, persiapan launching terus dioptimalkan. Salah satun­ya adalah pengambilan data guru se Sultra.

Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dikbud Sultra, Syaiful, S.Pd., menga­takan setelah melaksanakan sosialisasi program pemer­ataan guru pada berbagai kantor cabang di seluruh kabupaten Juni lalu, bulan ini fokus pada tahapan pen­gambilan data.

“Sekarang bisa dibilang persiapannya sudah men­capai 85 persen. Sebenarn­ya untuk data para guru kita sudah punya. Hanya saja kita mengecek kembali, menyinkronkan data awal dengan data baru. Karena para guru ini selalu men­galami perubahan, semisal pindah dan lain sebagain­ya. Sehingga data-datanya harus terus diperbaharui,” ungkap Syaiful, (9/7).

Lanjut dia, seluruh stakeholder fokus pada pengambilan data, kare­na ini merupakan bagian yang sangat penting. Data yang telah diverifikasi akan menjadi patokan un­tuk melakukan atau men­jalankan program aplikasi pemerataan guru.
“Dengan data awal yang telah dimiliki, sebenarnya tidak akan membutuhkan waktu lama untuk men­gambil kembali data atau hanya mencocokkan den­gan data sekarang, paling lambat dua minggu, In­syaAllah semuanya su­dah selesai. Setelah pen­gumpulan data selesai, kita akan fokus lagi pada penginputan data selu­ruh guru ke sistem apli­kasi,” jelasnya.

Ia pun menuturkan bahwa adanya aplikasi ini ke depannya bisa mem­bawa dampak positif bagi guru, karena akan lebih memudahkan menentukan dimana tempat mengajar.

“Kita ingin memberikan akses yang mudah kepa­da sekutu guru, agar bisa nyaman dan aman dalam melaksanakan tugasnya. Karena program pemer­ataan guru bermaksud mendekatkan lokasi guru mengajar dengan tempat tinggalnya. Bagi pasan­gan suami istri, yang ber­beda tempat mengajar itu bisa kita satukan dengan program ini.

Pemerataan guru ini akan memicu semangat para tenaga edukatif untuk menga­jar. Tidak ada lagi kekha­watiran jauh dari rumah atau kendala lain yang berdampak pads kuali­tas pembelajaran. Hal ini pun berdampak pads upaya pemerintah un­tuk mewujudkan generasi muda yang cerdas, berkual­itas, dan berakhlak mulia,” tutupnya. (Ilw/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy