Mahasiswa THP Unsultra Magang di Pemkab Bombana – Kendari Pos
Edukasi

Mahasiswa THP Unsultra Magang di Pemkab Bombana

Pelepasan Mahasiswa Magang di Pemkab Bombana yang dilakukan secara online

KENDARIPOS.CO.ID– Sebanyak 14 mahasiswa Ju­rusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) mengikuti program pemagangan di Pem­kab Bombana yang didukung perusahaan swasta CV. Sultan Agromaritim Industri. Program ini merupakan wujud dari pro­gram Merdeka Belajar Kam­pus Merdeka (MBKM) yang dirancang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Mereka yang akan melak­sanakan pemagangan ini, mengikuti seremoni pelepas­an oleh Rektor Unsultra, Prof.Dr. Andi Bahrun, M.Agrc., dan disaksikan Dekan Fakul­tas Teknologi Pertanian, Dr. Haidir Amin, M.Si, Pembina CV. Argomaritim Indus­tri yang juga Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Industri Kakao Terpadu UHO, Dr. Tamrin, M.Si, serta mewakili Pemkab Bombana, Wakil Ketua DPR, Ir. Ardi, M.Si.

Prof. Andi Bahrun, men­gungkapkan pengiriman ma­hasiswa magang adalah ben­tuk implementasi dari program pak menteri pendidikan, yang menginginkan para pelajar dan mahasiswa bisa memiliki kompetensi dan skill yang baik melalui program MBKM.

“Melalui program ini, kita berharap mahasiswa kami bisa optimal mengusai ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang keilmuan­nya. Pada kesempatan ma­gang ini, menjadi landasan awal bagi mereka untuk bisa mengasah dan meningkatkan kualitas dan skill,” ungkap Andi Bahrun, Kamis (8/7).

“Dari 14 total mahasiswa yang dikirim, 10 diantaranya mendapatkan beasiswa bidik misi gembira cerdas yang be­rasal dari Pemkab Bombana. Ini menjadi bukti bahwa setiap daerah memang sangat mem­perdulikan peningkatan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM),” tambahnya.

Lanjut Prof. Andi Bahrun, dalam pelaksanaan ma­gang, para mahasiswa akan betul-betul diajarkan dan dilatih bagimana pengelo­laan lahan pertanian yang baik dan benar. Itulah yang menjadi faktor utama diad­akannya kegiatan magang.

“Kita semua inginkan ma­hasiswa ini bisa memiliki skill dan kompetensi yang mempuni, dalam bidang keahliannya. Mencapai itu tidak bisa hanya dilakukan dengan penguatan teori-teori, tapi harus diiringi den­gan kegiatan praktik secara langsung. Dan program ma­gang adalah salah satu wu­jud yang memang itu sudah menjadi bagian dari proses akademik,” paparnya.

“Tentunya harapan kami, mahasiswa harus betul-betul memanfaatkan kesempatan ini dengan maksimal agar da­pat menunjukkan kapasitasn­ya dalam berkontribusi mem­bangun daerah menjadi lebih baik dan maju,” jelasnya.

Untuk diketahui, program magang akan dilakukan se­lama satu semester dan dikom­binasikan dengan perkuliahan secara daring, sehingga waktu pelaksanaan magang akan dilakukan selama 3 bulan. Selebihnya dimantapkan dengan perkuliahan secara daring demi mencapai learning outcome mata kuliah. (Ilw/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy