Bantu Tangani Pandemi, Kejari Kendari Dorong Program PEN – Kendari Pos
Metro Kendari

Bantu Tangani Pandemi, Kejari Kendari Dorong Program PEN


-Kawal Program Vaksinasi Covid-19

KENDARIPOS.CO.ID — Hari ini, institusi kejaksaan berulang tahun. Selama berdiri, lembaga korps Adhyaksa tidak hanya menjalan tupoksinya menegakkan hukum, namun ikut berkontribusi membangun bangsa. Atas dasar itu, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendari kerap turut ambil mengawal pembangunan di daerah. Bukan hanya memberantas penyalahgunaan anggaran berupa korupsi maupun gratifikasi, namun juga mendorong program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Kajari Kendari, Shirley Sumuan, SH., MH (kanan) dan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kiri)
mendatangani nota kesepahaman kerjasama pendampingan hukum

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kendari, Shirley Sumuan SH MH mengatakan program kerja prioritas kejaksaan tahun 2021 meliputi beberapa aspek sentral dengan kebutuhan penegakan hukum. Diantaranya, pendampingan dan pengamanan PEN dalam rangka percepatan pembangunan nasional termasuk penanganan wabah corona.

“Sejak dimulainya New Normal, pemerintah telah mencanangkan program PEN. Ini merupakan langkah untuk membangkitkan ekonomi yang terpuruk akibat wabah corona. Makanya, kami bekerjasama dengan Pemkot Kendari. Kami mengawal dan mendampingi pemerintah melaksanakan program PEN,” jelasnya kemarin.

Kajari Kendari, Shirley Sumuan, SH., MH (tengah), Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (empat
dari kanan), Kapolres Kendari, AKBP Didik Erfianto (tiga dari kiri) foto bersama muspida saat
pencanganan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM

Kolaborasi Kejari-Pemkot Kendari lanjutnya, menyangkut bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum di bidang perdata dan Tata Usaha Negara (TUN). Kerja sama tersebut bertujuan mendampingi pemkot mengenai urusan bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum di bidang perdata dan TUN.

“Namun jika terjadi tindakan korupsi, maka kejaksaan tetap bekerja profesional,” ujarnya.

Selama pandemi covid-19, Kejari Kendari telah menunjukan sumbangsihnya. Mulai dengan menyalurkan bantuan sosial (Bansos), membagikan Alat Pelindung Diri (ADP) seperti masker dan hand sanitiser hingga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan (Prokes). Saat ini, Kejari Kendari turut menyukseskan program vaksinasi covid-19.

“Penerapan Prokes dimulai dari lingkup Kejari Kendari. Sejak covid-19 mewabah, Kejari telah melakukan gerakan 3 M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan (physical distancing). Sarana dan prasarana prokes pun telah disiapkan. Sebelum meyakinkan masyarakat tentang prokes, kami harus memberi contoh yang baik,” jelasnya kemarin.

Hingga kini, pihaknya tetap konsisten mensosialisasikan pentingan prokes. Tujuannya agar masyarakat terhindar dari penularan virus yang tak kasat mata itu. Di sisi lain, Kejari turut mengawal program vaksinasi. Sebab vaksinasi menjadi strategi pemerintah untuk mencapai kekebalan komunal guna menyelesaikan persoalan pandemi Covid-19.

“Pengawalan terhadap program vaksinasi sebagai upaya deteksi dini dan antisipasi setiap ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan dari setiap upaya yang hendak menggagalkan program tersebut. Contohnya seperti hoaks ataupun provokasi yang mendiskreditkan vaksin. Termasuk melaksanakan sosialisasi bahwa vaksin aman, tidak membahayakan, efektif serta sesuai dengan standar dan regulasi internasional,” tandasnya. (b/ali)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy