Unsultra Raih Harapan Dua Lomba Aspal Nasional – Kendari Pos
Edukasi

Unsultra Raih Harapan Dua Lomba Aspal Nasional

Tim Unsultra sedang membuat aspal dengan bahan tambah limbah pecahan keramik.

KENDARIPOS.CO.ID — Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) Kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional, melalui Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMTS) yang berhasil meraih juara harapan dua dalam Lomba Aspal Nasional. Ajang yang bertemakan “Pemanfaatan Bahan Ramah Lingkungan Sebagai Alternatif Pembuatan Campuran AC-WC”, diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Rektor Unsultra, Prof. Andi Bahrun, M.Agrc., mengatakan sangat bangga atas pencapaian mahasiswanya. Artinya dengan segala bentuk usaha dan kerja keras mereka selama ini, telah membuahkan hasil yang baik.

“Sangat apresiasi dengan pencapaian yang ditujukan oleh mahasiswa teknik sipil, dimana ini sebuah progres yang sangat baik untuk ke depannya. Tentunya pihak kampus akan terus mendukung berbagai gebrakan dan inovasi dari seluruh mahasiswa. Karena tagline kita adalah tiada hari tanpa inovasi, dan ini yang selalu saya tekankan pada dosen dan juga mahasiswa. Dan itu sudah mulai terlihat, dengan berbagi prestasi yang telah diraihi,” ungkap Andi Bahrun, Kamis (24/6).

Lanjut dia, dengan prestasi yang ditorehkan ini, ia berharap bisa menjadi contoh dan acuan bagi fakultas dan mahasiswa lain, untuk bisa berkarya melakukan berbagai riset, dan pengembangan yang tentunya bermanfaat bagi banyak orang.

“Semoga ini menjadi awalan baik bagi seluruh mahasiswa, dan dosen dari seluruh fakultas, untuk bisa berbuat yang lebih baik. Karena dengan berbagai kreativitas dan inovasi yang dilahirkan dari taman-taman akan membuat Unsultra menjadi lebih berkualitas dan besar. Sehingga harapan besar kami, semua bisa meraih prestasi dibidang keilmuannya masing-masing, mulai dari tingkat lokal, nasional dan bahkan global. Dan tentunya pihak kampus akan memfasilitasi semua kebutuhan yang dibutuhkan, selama itu untuk pengembangan trihdarma,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu peserta Lomba Aspal Nasional, Andriyanti Nurddin, menjelaskan lomba ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah atau sampah untuk dijadikan bahan bantu pembuatan Aspal.

“Dalam lomba kali ini, kita memanfaatkan limbah pecahan keramik, dimana masih sangat banyak terdapat di daerah Sultra. Kita inginkan limbah yang sangat domanin itu bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat,” paparnya.

Saat lomba, tim membuat aspal dengan sebanyak 1.200 geram, dimana 5 persennya adalah limbah pecahan keramik. Tentunya ini sebuah inovasi baru yang ditemukan, tentu dengan ide dan karya tersebut, akhirnya tim Unsultra berhasil meraih juara harapan kedua. “Pastinya ini sebuah prestasi yang membanggakan bagi kami, artinya karya yang kita ciptakan sudah diakui,” tambah Andriyanti.

Ia juga menyampaikan bahwa berbagai novasi akan terus dikembangkan ke depannya sehingga temuan tim Unsultra bisa digunakan untuk orang banyak. “Temuan kami akan terus dikembangkan agar bisa lebih baik dan sempurna. Untuk itu, kita minta dukungan dari seluruh stakeholder, agar bisa memberikan kami akses yang lebih supaya bisa terus kembangkan penelitian kami ini,” pungkasnya. 

Sebagai informasi, ada 14 tim dari berbagai Univeritas di Indonesia, yang mengikuti lomba Aspal Nasional, dimana setiap tim terdiri dari tiga orang, dan tim Unsultra diwakili Andriyanti Nurddin, Hasir, dan Al Jefri Muhammad. Lomba ini pun dihelat secara online. (Ilw/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy