Tuntaskan Pembebasan Lahan, Sulkarnain Turun Negosiasi – Kendari Pos
Metro Kendari

Tuntaskan Pembebasan Lahan, Sulkarnain Turun Negosiasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pengerjaan jalur lingkar luar (Outer Ring Road) Kota Kendari tahun ini belum dimulai. Hingga kini, pengerjaaanya masih terkendala pembebasan lahan. Tahun ini, salah satu mega proyek Pemkot Kendari ini telah dialihkan ke Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XXI Kendari.

Sulkarnain Kadir

Merespon hal itu, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir tidak tinggal diam. Pekan lalu, dia bersama aparat pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bernegosiasi dengan warga setempat. Negosiasi dilakukan sebagai bentuk support pemkot terhadap kelanjutan Outer Ring Road. “Kita sudah upayakan,” ujarnya.

Dia tak menampik jika proyek Outer Ringroad sempat terhenti tahun lalu. Itu disebabkan recofusing Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Kendari pada 2020 lalu. Di mana seluruh anggaran pembangunan dialihkan untuk percepatan penanganan Covid-19 yang bahkan berlanjut sampai saat ini (anggaran 2021).

Oleh karena itu, pihaknya sengaja melibatkan BPJN XXI Kendari dalam penuntasan pekerjaan mengingat pembiayaan jalur lingkar luar kota yang tidak sedikit, “Kalau hanya mengandalkan APBD kita akan sangat terbebani. Oleh karena itu, kemarin kami coba membangun komunikasi dengan pemerintah pusat lewat balai (BPJN), Alhamdulillah setujui dan tahun ini sudah akan ditangani pemerintah pusat melalui APBN,” kata Sulkarnain Kadir, kemarin.

“Sekarang sudah masuk proses lelang. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa tender dan sudah bisa dilaksanakan. Saya pastikan akhir akhir tahun ini (Outer Ringroad) sudah bisa dinikmati oleh masyarakat,” kata Sulkarnain Kadir.

Terpisah, Kepala Balai BPJN XXI Kendari, Yohanis Tulak Todingrara tak menampik jika kelanjutan pembangunan jalur lingkar luar masih terkendala masalah pembebasan lahan wargam. Meski enggan menyebut detail berapa luas lahan yang belum diganti rugi, pihaknya berkomitmen akan segera menyelesaikannya. “Sementara masih aman. lagi koordinasi,” ujarnya, kemarin.

Kendati demikian, Yohanis yakin kelanjutan pembangunan jalur lingkar luar bakal dilanjutkan tahun ini. Pasalnya, pihaknya telah menganggarkan pengerjaannya sebesar Rp 86 miliar untuk membangun jalan sepanjang 14 km. “Rencana dilaksanakan selama dua tahun anggaran 2021 – 2022. Kontrak tahun jamak atau Multiyears Contract. Saat ini dalam proses tender,” pungkanya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy