Sulkarnain Gagas Layanan Three In One – Kendari Pos
Metro Kendari

Sulkarnain Gagas Layanan Three In One


KENDARIPOS.CO.ID — Untuk memudahkan layanan, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan bagi warganya. Terutama dalam pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk). Teranyar, pemkot menggagas program layanan Three in One. Program tersebut diharapkan bisa memudahkan pelayanan adminduk bagi masyarakat, khususnya dalam pengurusan Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengaku telah menginstruksikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kendari untuk menjalankan program Three in One. Program tersebut sangat penting dalam rangka membantu masyarkat yang ingin mengurus adminduk. Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini yang masih serba terbatas .

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir meninjau layanan pengurus adminduk di kantor Kecamatan Kendari. Untuk memudahkan layanan, Pemkot Kendari menggagas program layanan Three in One.

“Ini upaya kita untuk membantu masyarakat yang ingin mengurus administrasi khusus perubahan kartu keluarga, pembuatan akta kelahiran, dan kartu keluarga anak itu dalam satu waktu. Nanti teknisnya akan dijalankan Disdukcapil yang akan bekerja sama dengan fasilitas kesehatan di Kendari,” kata Sulkarnain Kadir.

Terpisah, Kepala Disdukcapil Kendari, Agus Salim mengaku tengah menyusun konsep program layanan Three in One. Ia memastikan program tersebut akan segera dikerjasamakan kepada seluruh fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit Umum baik swasta maupun negeri dan seluruh Puskesmas.

Program layanan Three In One, merupakan program yang diinisiasi Wali Kota Kendari untuk memudahkan pelayanan adminduk seperti KK, Akta Kelahiran dan KIA. Program itu dilahirkan atas problem adminduk masyarakat yang kerap terjadi, dimana warga akan mengurus administrasi dimaksud di waktu ketika akan membutuhkannya saja.

“Akhirnya mereka buru-buru mengurus ketika hendak diperlukan. Padahal adminduk seharusnya sudah diurus ketika misalnya sudah ada tambahan anggota keluarga baru. Jadi nanti bisa diurus di rumah sakit atau puskesmas. Ketika ada bayi yang dilahirkan, itu langsung diurus tiga adminstrasinya, yakni perubahan KK, pembuatan akta kelahiran dan KIA.

Pada sisi lain, Agus Salim mengimbau masyarakat khususnya para orang tua yang belum menguruskan kepemilikan akta kelahiran dan KIA agar sekiranya segera menghubungi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disdukcapil yang ada di Kantor Kecamatan atau segera mendatangi Kantor Disdukcapil Kendari. (b/ags)

Layanan Three In One
-Mudahkan Pengurusan KK, Akta Kelahiran dan KIA
-Kerjasama dengan RS, Puskesmas dan Faskes lainnya
-Pendataan Adminduk Dimulai Lebih Awal

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy