Serapan Anggaran Masih Minim – Kendari Pos
Wakatobi

Serapan Anggaran Masih Minim

KENDARIPOS.CO.ID– Sampai semester pertama tahun 2021, realisasi belanja modal di Kabupaten Wakatobi terbilang minim. Pada periode Mei lalu justru hanya tercatat sebesar 6,20 persen. Dari target penggunaan anggaran Rp 347 miliar, baru sekitar Rp 21 miliar yang terserap. Selain masih kurangnya permintaan anggaran, biasanya penyerapan anggaran dilakukan secara bertahap. Namun pada bulan Juni ini, belanja modal bisa dipastikan akan mengalami peningkatan signifikan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi, Juhaidin, menjelaskan, belanja modal yang belum capai target hingga tanggal 31 Mei ini disebabkan beberapa hal. Salah satunya kemungkinan sejumlah kontraktor proyek atau penyedia jasa melakukan penyerapan anggaran secara bertahap.

Sebab rata-rata penyedia jasa baru akan melakukan permintaan jika sudah melakukan pekerjaan pada volume 50 hingga 100 persen kegiatan. Sehingga tak heran jika pada periode akhir Mei lalu target Rp 347 miliar untuk serapan belanja modal baru terealisasi sebesar 6,20 persen.

“Jadi realisasi untuk belanja modal rata-rata penyedia kadang harus 100 persen. Tapi memasuki bulan Juni sudah ada perubahan. Bisa saja setelah ini, justru realisasi belanja modal jauh lebih besar dari lainnya. Karena bulan ini kontraktor biasa mengambil di atas 50 persen hingga 100 persen,” terang Juhaidin, Senin (21/6).

Begitu pula dengan bantuan anggaran keuangan desa. Dari bulan Januari hingga Mei, target Rp 115 miliar baru terealisasi sekitar 16,34 persen. Artinya, belum cukup Rp 20 miliar yang terserap. Selain desa, pihaknya berharap seluruh Organisais Perangkat Daerah (OPD) melakukan permintaan anggaran.

“Ini juga pasti aka mengalami perubahan. Sama halnya dengan belanja daerah. Masih belum capai target karena kurangnya permintaan di OPD. Kita juga belum tahu apa penyebabnya, tapi harapannya serapan belanja daerah kita meningkat dari periode Mei,” tandas Juhaidin. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy