Realisasi PAD Capai Rp 24 Miliar – Kendari Pos
Aneka

Realisasi PAD Capai Rp 24 Miliar

Juhaidin

KENDARIPOS.CO.ID– Total serapan anggaran hingga akhir bulan Mei lalu di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi baru mencapai 32,85 persen dari jumlah total keuangan sebesar Rp 891,9 miliar.

Angka itu berbanding terbalik dengan pendapatan asli daerah (PAD) yang justru telah dikumpulkan melebihi 50 persen pada periode yang sama. Pasalnya, dari target sebesar Rp 35 miliar, saat ini sudah realisasi sebanyak Rp 24 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi, Juhaidin, menjelaskan, sumber PAD tersebut sudah termasuk pajak daerah, retribusi daerah hingga pendapatan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan. Sejak bulan Januari hingga akhir Mei lalu, realisasinya mencapai 65,31 persen.

“Selain pajak dan retribusi juga lain-lain PAD yang sah sehingga menghasilkan realisasi sebanyak Rp 24 miliar. Tapi ini pasti akan mengalami perubahan lagi. Apalagi saat ini sudah memasuki bulan Juni,” terangnya, Jumat (18/6).

Sementara itu, terkait dengan masih rendahnya serapan anggaran dari pendapatan pada APBD 2021, Juhaidin mengaku, itu disebabkan karena kurangnya permintaan anggaran dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sehingga pihaknya juga sangat berharap seluruh OPD agar memaksimalkan serapan anggarannya.

“Termasuk seluruh desa di Wakatobi. Tapi, untuk serapan anggaran baik pendapatan maupun belanja daerah sudah mengalami peningkatan dari periode Mei lalu,” tambahnya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy