Proyek PHJD di Tomia Dituntaskan – Kendari Pos
Wakatobi

Proyek PHJD di Tomia Dituntaskan

KENDARIPOS.CO.ID– Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Wakatobi memastikan, seluruh material pekerjaan fisik program hibah jalan daerah (PHJD) di Pulau Tomia berasal dari luar daerah itu.

Pekerjaan proyek yang didanai melalui anggaran pendapatan dan belanja nasional (APBN) itu sudah dimulai sejak 1 Maret dan harus tuntas pada 28 Oktober 2021 mendatang. Pihak Dinas PUPR Wakatobi optimis pekerjaan dapat tuntas tepat waktu.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PUPR Wakatobi, Munawar, menjelaskan, untuk seluruh material baik kelas A hingga aspal diambil dari luar daerah. Namun, PHJD di Pulau Tomia tersebut telah dilengkapi dengan asphalt mixing plant (AMP) yang dibangun di sekitar Desa Waiti’i. Pekerjaan fisik sejak tiga bulan terakhir telah terealisasi sesuai dengan kontrak yang ada.

“Kami jamin untuk materialnya mulai dari kelas A dan aspalnya diambil di Moramo. Kita juga pastikan material untuk pekerjaan fisik PHJD di Pulau Tomia aman,” jelasnya, Rabu (16/6).

PHJD di Pulau Tomia merupakan kuota ketiga untuk Kabupaten Wakatobi yang sebelumnya direalisasikan di Wangi-Wangi. Berturut-turut mendapatkan apresiasi karena pekerjaannya dinilai baik, maka target PUPR Wakatobi, pekerjaan PHJD di Pulau Tomia harus lebih dari sebelumnya.

“Jadi kita juga dinilai. Kalau tidak sesuai spesifikasi, maka uang kita tidak diganti. Kan untuk pekerjaannya kita gunakan dulu APBD Wakatobi. Nanti kalau sudah tuntas dan dinilai sesuai speknya maka anggaran kita akan diganti. Sudah beberapa kali ini penilaiannya cukup baik ya,” tambah Munawar.

Sekadar diketahui, untuk proyek jalan Kelurahan Waha Kecamatan Tomia hingga Desa Timu Kecamatan Tomia Timur sepanjang kurang lebih 16 kilometer itu akan menyerap anggaran kurang lebih Rp 31 miliar. Jika program itu sukses, maka Pemerintah Pusat akan memberi penilaian baik untuk Wakatobi. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy