Polda Sultra-Kendari Pos Bersinergi Akselerasi Vaksinasi – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Polda Sultra-Kendari Pos Bersinergi Akselerasi Vaksinasi

Kompak Melawan Covid

KENDARIPOS.CO.ID — Ikhtiar Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya melawan pandemi Covid-19 tak setengah hati. Selain blusukan ke daerah-daerah, Kapolda juga intens mengedukasi masyarakat akan pentingnya penerapan protokol kesehatan dan akselerasi vaksinasi. Proses edukasi dilakukan dengan melibatkan media massa. Nah, Kendari Pos sebagai salah satu media massa, punya tanggung jawab menyukseskan pencegahan Covid dan akselerasi vaksinasi.

Direktur Kendari Pos La Ode Diada Nebansi (dua dari kanan), menyerahkan cendera mata kepada Kapolda Sultra Irjen Pol Drs. Yan Sultra Indrajaya (dua dari kiri), didampingi Kabid Humas Polda Sultra Kombes Pol Ferry Walintukan (kiri) dan Wadir Kendari Pos, Agus Tranhadi (kanan) saat kunjungan silaturahmi di Mapolda Sultra, Selasa (22/6)

Tanggung jawab itu ditunaikan Kendari Pos melalui fungsinya sebagai media massa yakni fungsi edukasi. Konten berita yang disajikan tentang pencegahan Covid bernilai edukasi. Polda Sultra dan Harian Kendari Pos berada pada frame gerakan dan misi mulia yang sama, yakni kompak melawan Covid-19 sekaligus mendorong akselerasi vaksinasi. Kolaborasi itu bermuara pada mereduksi informasi hoaks tentang vaksinasi.

Kapolda Sultra, Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya mengatakan percepatan penanganan pandemi Covid-19 masuk dalam 16 program kerja yang dirumuskan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam commander wish (instruksi). Setiap Kapolda di Indonesia wajib menyukseskan program itu. Apalagi, kata Kapolda, pandemi Covid-19 ini masih mewabah dan meresahkan masyarakat. Maka dari itu, Polda Sultra sangat serius mendorong percepatan penanganan covid-19 di Sultra.

“Vaksinasi massal diberikan kepada seluruh lapisan masyarakat mulai dari ASN, pekerja swasta, masyarakat umum, pelajar dan siapapun yang memenuhi syarat untuk diberikan vaksin. Vaksinasi dilaksanakan bekerja sama dengan pemerintah daerah baik kabupaten atau kota maupun pihak terkait lainnya dalam upaya mencegah penyebaran Covid -19,” kata Irjen Pol Yan Sultra kepada Direktur Kendari Pos, Laode Diada Nebansi dalam kunjungan silaturahmi di Markas Polda Sultra, Selasa (22/6) kemarin.

Bukti keseriusan jenderal polisi bintang dua itu dalam percepatan penanganan Codid-19 dan vaksinasi, ia kerap blusukan ke kabupaten/kota di Sultra untuk memastikan efektivitas pelaksanaan vaksinasi. Bagi Kapolda Irjen Po Yan Sultra, Polri tak bisa hanya diam saja di tengah situasi seperti ini. Menurut mantan Wakapolda Sultra itu, mesti terbangun sinergi Polri, TNI, pemerintah daerah, dan media massa dalam menyukseskan program pemerintah pusat yakni vaksinasi Covid-19.

“Kita berharap tak hanya pemerintah, Polri dan TNI yang berjuang melakukan percepatan. Seluruh masyarakat Sultra diminta terlibat. Jika belum divaksin, silakan datang ke Polda Sultra atau tempat penyedia layanan vaksin terdekat. Percepatan penanganan covid-19 harus dilakukan secara kompak. Terpenting meski telah di vaksin, protokol kesehatan harus tetap diperhatikan,” ungkap Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra.

Sementara itu Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi mengakui, media massa khususnya Kendari Pos memiliki tanggung jawab besar dalam program percepatan penanganan Covid-19 di Sultra. Pria yang karib disapa Onggi Nebansi itu mengapresiasi langkah Polda Sultra dalam komando Kapolda Irjen Pol Yan Sultra untuk melawan Covid-19 dan pelaksanaan vaksinasi massal.

Menurut Onggi Nebansi, melawan pandemi Covid-19 harus dilakukan mulai dari hulu hingga hilir. Mulai dari edukasi sampai eksekusi. “Kami (Kendari Pos) selalu komitmen, selain berperan sebagai kontrol sosial, kami juga tak akan melepaskan diri dari masalah pandemi. Masyarakat harus diberikan asupan informasi yang tepat, salah satunya menangkal kabar miring tentang vaksin yang sebenarnya program vaksinasi ini adalah misi mulia. Mencegah penyebaran virus Covid-19 di Sultra,” ujarnya.

Mantan Pemimpin Redaksi Harian Kendari Pos itu menjelaskan Kendari Pos terus meningkatkan kualitas informasi yang disajikan berdasarkan fakta dan data akurat. Mengingat saat ini informasi dapat tersebar secara liar, tanpa memperhitungkan kebenarannya. “Di sinilah peran kami sebagai salah satu media terbesar di Sultra, meluruskan informasi yang berindikasi hoaks. Salah satunya tentang vaksin, yang sebenarnya program ini harus didukung oleh semua masyarakat,” pungkas Onggi Nebansi.

Untuk diketahui, Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya blusukan ke daerah-daerah untuk menunaikan program penanganan Covid-19 yang dirumuskan dalam commander wish (instruksi) Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Irjen Pol Yan Sultra getol turun ke daerah-daerah untuk mengampanyekan pencegahan penyebaran Covid, baik melalui penerapan protokol kesehatan (Prokes) maupun memastikan vaksinasi berjalan efektif.

Di Kota Kendari, Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra membagikan 1.200 masker. Di Kabupaten Buton, Kapolda Irjen Yan Sultra menindaklanjuti Kapolri terkait penanganan Covid. Semua elemen harus bahu membahu dan tetap satu barisan menghalau Covid-19. Lalu merambah Kabupaten Konsel. Di kampung halamannya itu, Kapolda meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar kolaborasi Dokkes Polda Sultra, Dokkes Polres Konsel dan Pemkab Konsel di Puskesmas Punggaluku, 10 Juni 2021. Kapolda Irjen Yan Sultra juga memantau pelaksanaan vaksinasi massal di Kabupaten Konawe, Selasa 15 Juni 2021. (ndi/b)

Melawan Covid-19 Dari Hulu Hingga Hilir

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy