PERSIAPAN : Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga saat memantau persiapan pelaksanaan vaksinasi massal di tribun lapangan Sorumba. Dijadwalkan, Presiden RI, Joko Widodo akan meninjau kegiatan tersebut.

KENDARIPOS.CO.ID– Sesuai agenda, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo akan memantau langsung jalannya vaksinasi massal Covid-19 di lapangan Sepak Bola Sorumba, Kecamatan Ranomeeto yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel), Rabu (30/6).

Kepastian rencana kunjungan kepala negara itu disampaikan Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga saat memimpin rapat persiapan pelaksanaan vaksinasi massal di tribun lapangan Sorumba, Selasa (29/6).

“Setelah kami menjalin komunikasi dengan pihak Paspampres maka dijadwalkan Bapak Presiden akan meninjau pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Ranomeeto ini,” ungkapnya.

Untuk itu, Konsel-1 tersebut bersama Sekretaris Kabupaten, H. Sjarif Sajang dan Kadis Kesehatan, dr. Maharayu turun langsung mematangkan persiapan. “Saya berharap proses vaksinasi dipermudah agar berjalan lancar dan masyarakat merasa nyaman serta terlayani dengan baik sesuai SOP,” pintanya.

Dikesempatan itu, Surunuddin menargetkan, warga dari tiga kecamatan yakni Ranomeeto, Ranomeeto Barat dan Konda untuk menjadi peserta utama dalam vaksinasi massal Covid-19 tersebut. “Pemkab menyediakan 1.000 vial dosis vaksin sinovac khusus di acara ini,” jelasnya. Selain pada tiga kecamatan tersebut, program penyuntikan anti bodi juga serentak dilaksanakan pada seluruh Puskesmas di Konsel. Harapannya, target 42 ribu vaksinasi bisa tercapai.

Mantan Ketua DPRD Konsel tersebut menjelaskan, vaksinasi massal dilakukan untuk mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok dalam memutus mata rantai penularan virus mematikan itu.

Surunuddin kembali mengingatkan tenaga kesehatan untuk proaktif menyukseskan kegiatan dimaksud dengan tetap menjaga alur protokol kesehatan sehingga tidak terjadi kerumunan massa.

“Saya juga imbau tim vaksinator yang terbentuk, agar terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan pihak TNI, Polri dibantu Satpol PP agar kegiatan berjalan lancar dan sukses,” imbuhnya. Untuk kesuksesan kegiatan, Pemkab Konsel melalui Dinas Kominfo menyediakan zoom link yang akan menyiarkan langsung kegiatan vaksinasi massal disetiap kecamatan.

“Rencananya ini akan dilihat langsung Presiden RI melalui layar TV yang terpasang di tribun lapangan sepak bola Sorumba,” pungkas Surunuddin. (b/kam)