Penyelundupan Barang Terlarang Diantisipasi – Kendari Pos
Konawe

Penyelundupan Barang Terlarang Diantisipasi

ANTISIPASI : Petugas sipir di Rutan Klas IIB Unaaha saat menggeledah kamar hunian para napi untuk mencari benda berbahaya.

KENDARIPOS.CO.ID–Barang-barang terlarang seperti narkotika maupun senjata tajam (Sajam) sangat memungkinkan masuk ke dalam penjara. Narapidana bahkan pembesuk punya beragam trik untuk menyelundupkan beberapa jenis barang terlarang tersebut.

Tak mau kecolongan, pihak Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Unaaha mengantisipasinya dengan cara melakukan pemeriksaan rutin, maupun inspeksi mendadak pada setiap sel para napi di tempat tersebut. Teranyar, petugas Rutan Klas IIB Unaaha melakukan Sidak dan berhasil mengamankan sejumlah benda yang tidak seharusnya berada dalam kamar hunian para napi.

Kepala Rutan Klas IIB Unaaha, Herianto, mengatakan, Sidak rutin dilakukan untuk menciptakan situasi kondusif. Hal itu pula intens digelar sekaligus dalam rangka menekan segala bentuk kegiatan yang melanggar hukum dan tata tertib di kawasan Rutan Kelas IIB Unaaha.

“Kita geledah napi di Blok Cendrawasih dan Garuda yang menjadi kamar hunian warga binaan. Kita temukan beberapa benda seperti alat pemutar musik, Sajam, korek api serta alat masak rakitan. Barang-barang disita petugas untuk kemudian kita musnahkan,” ujar Herianto, Rabu (16/6).

Ia menuturkan, meskipun telah melakukan proteksi secara maksimal, kemungkinan penyelundupan barang-barang terlarang ke dalam Rutan bisa terjadi setiap saat. Makanya, ia telah menginstruksikan anak buahnya untuk memperketat pemeriksaan pada setiap barang yang masuk ataupun keluar.

“Salah satunya lewat Sidak tersebut. Penggeledahan ini perlu digelar secara tiba-tiba sebab jangan sampai warga binaan mempelajari pola-pola penggeledahan yang dilakukan,” tandasnya. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy