Komite III DPD RI Sambangi Bombana, Bahas Perubahan UU Tentang Kesejahteraan Sosial – Kendari Pos
Bombana

Komite III DPD RI Sambangi Bombana, Bahas Perubahan UU Tentang Kesejahteraan Sosial

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana kembali disambangi anggota DPD RI Komite III. Kunjungan kali ini dalam rangka melakukan seminar hasil uji sahih Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang perubahan atas Undang-Undang nomor 11 Tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial. Seminar uji sahih tersebut dihadiri langsung Bupati Bombana, H Tafdil, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah (Sekda) bersama jajaran Forkomipda Pemkab Bombana di aula Kontor Bupati Bombana, Senin (21/6).

Bupati Bombana, H. Tafdil (deretan depan, tengahi), didampingi anggota DPRD Bombana, Arsyad (deretan depan, dua dari kiri), Sekda Bombana, Man Arfah (deretan depan, kiri) foto bersama dengan 16 anggota DPD RI

Wakil Ketua Komite III DPD RI, Evi Apita Maya mengungkapkan rancangan UU kesejahteraan sosial ini merupakan inisiasi dari komite III DPD RI. Revisi atau perubahan ini tidak lepas dari berbagai persoalan penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang menyangkut rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial dan perlindungan sosial di negara ini.

“Alhamdulillah, rancangan ini sudah kita lakukan pengkajian maupun uji kesahihan yang dilakukan di beberapa daerah. Salah satunya di Kabupten Bombana ini. Insyaallah, setelah uji sahih ini, kami komite III bakal segera melakukan finalisasi terhadap rancangan UU ini yang selanjutnya bakal kita ajukan ke DPR RI,” terangnya saat diwawancari oleh awak media.

Sementara itu, anggota DPD RI Sultra, H. Andi Nirwana Sebbu menuturkan persoalan utama dalam kesejahteraan sosial di Indonesia, khususnya Sultra ini sangat erat kaitannya dengan persoalan kemiskinan dan pengangguran. Apalagi setelah wabah covid-19 melanda Bumi Anoa.

“Pandemi Covid-19 jelas memberikan imbas dalam hal peningkatan kemiskinan dan pengangguran di Sultra. Berdasarkan data dari BPS, jumlah penduduk miskin di Sultra per September 2020 itu berjumlah 317,32 ribu orang. Jumlah ini meningkat sekitar 15,5 ribu orang jika dibandingkan dengan pada Maret 2020. Sedangkan angka pengangguran per Februari 2021 mencapai jumlah 9.321 orang dari penduduk usia kerja yang menganggur akibat efek dari pandemi,” jelasnya.

Imbas dari pandemi ini kata dia, memerlukan berbagai perbaikan. Untuk itulah, perlu kebijakan yang tentunya mengedepankan prinsip kesejahteraan berkelanjutan dalam pembangunan.

“Sebagai wakil rakyat Sultra, adanya revisi atau perubahan atas UU Nomor 11 tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial ini dapat meningkatkan pemerataan pembangunan yang berkeadilan, pemerataan kesemapatan kerja diberbagai sektor, sert tidak adanya lgi masyarakat yang mengalami diskriminasi dan kesenjangan sosial,” terangnya.

Bupati Bombana H. Tafdil menyambut baik rancangan UU Nomor 11 Tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial. Menurutnya, rancangan ini merupakan sebuah terobosan kemitraan pusat dan daerah dalam penanganan kesejahteraan sosial. Sejauh ini, penanggulangan kemiskinan di Bombana dari tahun ketahun telah mengalami penurunan cukup signifikan.

“Tahun 2017, jumlah penduduk miskin sebanyak 21.520 jiwa atau 12,36 persen. Namun pada tahun 2020 mengalami penurunan menjdi 18.840 jiwa atau 10,01 persen. Sejak tahun 2017 sampai dengan tahun 2020 jumlah penduduk miskin di Bombana berkurang rata-rata sebesar 893 jiwa pertahun,” ungkapnya.

Ia berharap perangkat daerah terus membangunan sinergitas terutama dengan pemerintah pusat. Langkah ini dalam peningkatan kualitas pelayanan masyarakat miskin dan rentan, melalui implementasi program yang tepat sasaran.

Dari hasil verivikasi dan validasi data DTKS periode 31 Mei 2021, menunjukan bahwa jumlahh penduduk miskin Bombana turun menjadi 8.173 jiwa atau 5,42 persen, terjadi pengurangan penduduk miskin sebanyak 10,667 jiwa yang masuk dalam kategori tidak ditemukan,” pungkasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy