Karang Taruna Diminta Sukseskan Program Palanisasi – Kendari Pos
Buton

Karang Taruna Diminta Sukseskan Program Palanisasi


KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat Buton terus dimotivasi untuk mengembangkan program tanaman jangka panjang, khususnya, pala dan kelapa genjah. Pemerintah Kabupaten (pemkab) Buton menyadari, dua komoditas pertanian itu belum familiar bagi petani di Buton. Untuk itu, semua pihak diminta memberi dukungan.

Kali ini, Bupati Buton, La Bakry meminta Karang Taruna turut andil menyukseskan program Pemkab tersebut. “Karang Taruna haruslah memiliki potensi yang lebih dan berpartisipasi dalam program-program pemerintah. Misalnya saja, disektor pertanian, menanam pala dan kelapa,” kata La Bakry, pada jajaran pengurus karang taruna Buton. Peran itu kata La Bakry tidak harus dilakukan dengan langsung menjadi petani pala ataupun kepala genja. Cukup dengan ikut menyosialisasikan potensi tanaman tersebut pada masyarakat di lingkup kerja masing-masing.

Bupati Butun, La Bakry (kiri) saat menghadiri pengukuhan pengurus Karang Taruna di Kecamatan Lasalimu. Ia meminta seluruh anggota untuk ikut menyukseskan program palanisasi.

“Kenapa saya dorong dua komoditas ini, karena kelapa dan pala berbuah sepanjang tahun. Itu artinya akan memberi penghasilan kepada setiap individu masyarakat sepanjang tahun, bahkan bisa meningkatkan perekonomian di mayarakat,” lanjut La Bakry. Ketua Karang Taruna Buton, Nanang Lakaungge, menyambut baik arahan bupati tersebut.

Menurut dia, sejak digalakkan tahun 2019 lalu, program palanisasi sudah mulai dikenal masyarakat. Bahkan sudah banyak petani yang menanamnya setelah mendapat pembagian bibit gratis dari pemerintah. “Insya Allah kita tindak lanjuti, anggota karang taruna kita sebagian besar adalah petani dan punya lahan untuk itu. Bahkan sebenarnya sudah banyak juga masyarakat yang memulai,” tandas Nanang Lakaungge. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy