Helatan Wakatobi Wave Tunggu Jadwal


KENDARIPOS.CO.ID — Tak akan berbeda dengan tahun 2020 lalu, perhelatan event lokal hingga saat ini belum terkonfirmasi bisa terlaksana. Memasuki pertengahan tahun saja, satu-satunya kegiatan pariwisata yang akan terealisasi hanya Wakatobi Wonderfull Festival and Expo atau Wakatobi Wave. Selebihnya belum ada yang terjadwal.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Wakatobi, Nadar, menuturkan, mengingat masih suasana pandemi Covid-19, tentu perhelatan event harus diperketat dengan komitmen mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Meski begitu, di Wakatobi baru Wakatobi Wave satu-satunya kegiatan yang telah mendapatkan lampu hijau untuk dihelat. Apalagi event regional tersebut telah masuk dalam Kharisma Even Nusantara (KEN) tahun 2021.

Satu-satunya kegiatan pariwisata yang akan terealisasi tahun ini hanya Wakatobi Wave. Selebihnya belum ada yang terjadwal. Tampak event serupa beberapa waktu lalu.

“Iya untuk saat ini baru Wakatobi Wave yang terkonfimasi pelaksanaannya. Kalau yang lainnya belum ada. Untuk Festival Pulau yang biasa kita agendakan setiap tahun juga dipastikan tidak terlaksana seperti 2020 lalu,” terangnya, Kamis (10/6). Meski demikian, Nadar mengatakan tidak menutup kemungkinan jika ada prakarsa yang mau melaksanakan event baik pemerintah, industri ataupun komunitas. Asal harus mendapatkan rekomendasi dari Satgas Penanganan Covid-19 hingga pihak terkait. “Karena kita sadari bahwa saat ini masih suasana pandemi, tentu perhelatan event harus mendapatkan izin dan yang paling penting mematuhi prokes Covid-19,” tambahnya.

Selain Wakatobi Wave, ada stimulus yang disiapkan untuk kegiatan yang nantinya dihelat komunitas maupun lainnya. Namun, hingga saat ini belum ada yang mengusulkan perhelatan di Wakatobi. (c/thy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *