FMIPA Pilot Project Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM – Kendari Pos
Edukasi

FMIPA Pilot Project Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM

Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si., M.Sc.

KENDARIPOS.CO.ID– Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dipilih sebagai pilot project atau pelaksana reformasi birokrasi di Universitas Halu Oleo (UHO). Penetapan ini berdasarkan keputusan Rektor UHO, Prof Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si., M.Sc. Atas penunjukan ini, FMIPA kini berbenah membangun Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). 

Prof. Zamrun mengatakan, tidak ada alasan khusus penunjukan FMIPA sebagai pilot project. Pasalnya, program ini berasal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang harus disukseskan bersama.

“Sebenarnya tidak ada alasan khusus. Namun, kami berkeyakinan bahwa FMIPA siap untuk itu. Semua fakultas harus siap menuju WBK/WBBM yang dimulai dari FMIPA. Karena ini program kementerian, jadi semua universitas harus menyukseskan,” ujar Prof Zamrun, Kamis (24/6).

Dalam rangka pelaksanaan pembangunan tersebut, tim dari Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek melakukan pendampingan secara langsung selama tiga hari yakni 23-25 Juni 2021 bertempat di Gedung FMIPA UHO. Wakil Dekan II FMIPA UHO, La Ode Kadidae mengungkapkan, dalam kegiatan pendampingan membahas tentang tata cara penyusunan Lembar Kerja Evaluasi (LKE).

“Tujuan kunjungan ini untuk mendampingi satuan kerja FMIPA untuk melakukan pembangunan ZI menuju WBK/WBBM. Mereka memandu kami dalam penyusunan dokumen, khususnya LKE sehingga nanti pengisiannya bisa lebih baik,” tuturnya.

Dijelaskan, pembangunan ZI menuju WBK/WBBM mengarah pada upaya untuk memberikan kepuasan para stakeholder atau user (pengguna) terhadap layanan publik FMIPA. Fakultas ini diharapkan bebas dari korupsi, gratifikasi, dan kegiatan sejenisnya yang melanggar hukum sehingga menciptakan birokrasi yang bersih dan sifatnya melayani.

LKE yang dibuat nanti akan dinilai oleh tim pusat yang merupakan gabungan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Ombudsman. Proses pengisian LKE sampai 30 Juli 2021 dan pengumuman hasilnya sekitar akhir tahun ini. Jika lolos, FMIPA akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti menjadi salah satu satker UHO yang sudah termasuk WBK/WBBM.

“Perlu digarisbawahi bahwa yang dikejar bukan predikat semata. Dalam proses ini akan dilakukan perbaikan-perbaikan terkait pelayanan publik. Esensinya bukan mengejar sertifikat, tapi proses perbaikan internal FMIPA khususnya dan UHO umumnya. Kami percaya Pak Rektor memilih FMIPA karena beliau percaya FMIPA bisa mengemban amanah yang diberikan untuk pembangunan wilayah zona integritas ini,” tandas La Ode Kadidae. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy