Dukung Industri Kreatif dan UMKM, Sulkarnain Salurkan 10 Unit Foodtruck – Kendari Pos
Metro Kendari

Dukung Industri Kreatif dan UMKM, Sulkarnain Salurkan 10 Unit Foodtruck


KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir begitu perhatian terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tidak hanya menyalurkan stimulus berupa dana, orang nomor satu di Kota Kendari ini kembali menyerahkan food truck. Bantuan ini diharapkan bisa membantu pelaku UMKM untuk bangkit dari pandemi sekaligus untuk memajukan industri kreatif.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (ketiga dari kanan) didampingi Ketua DPRD, Subhan (kedua dari kanan), Sekot, Nahwa Umar (paling kiri), Ketua TP PKK Sri Lestari (ketiga dari kiri) dan Ketua Kendari Preneur (paling kanan) sempatkan foto bersama usai seremoni penyerahan Food Truck di Kawasan Tambat Labuh Kendari Beach

Sulkarnain mengungkapkan, pendemi Covid-19 yang menerjang Kota Kendari sejak Maret 2020 berdampak buruk terhadap perkembangan UMKM di Kendari. Sekira 14 ribu UMKM terdampak dan sebagiam besar ada yang menutup usahanya. Termasuk pelaku industri kreatif. Hal itu lah yang mendasari pemerintah untuk membuka peluang bagi siapa saja yang ingin berinvestasi di Kendari untuk memulihkan kondisi UMKM dan perekonomian daerah.

“Bersyukur ada investor yang menanamkan sahamnya dengan menginvestasikan sebanyak 10 Unit Foodtruck. Semoga dengan amanah yang diberikan, Kota Kendari bisa mengalami percepatan, penyesuaian dan bisa mengakomodir seluruh kebutuhan masyarakat khususnya pelaku UMKM dan industri kreatif,” kata Sulkarnain Kadir saat menyerahkan bantuan Foodtruck kepada perwakilan UMKM di Kawasan Tambat Labuh Kendari Beach, kemarin.

Meski membuka ruang bagi para investor, pihaknya tetap memberikan persyaratan khusus seperti investor (pengusaha) wajib menjadikan warga Kota Kendari sebagai tenaga kerjanya. Pemkot tidak ingin masyarakat sebagai saksi pertumbuhan, perkembangan dan kemajuan.

“Kita tidak boleh jadi penonton. Itu untuk mencegah ketimpangan dan problem sosial yang mungkin tidak bisa kita atasi dampaknya. Jadi minimal 80 persen dari kuota yang disediakan itu menggunakan tenaga kerja Kendari,” kata Sulkarnain

Syarat kedua lanjut Sulkarnain, pengusaha yang berinvestasi di Kendari wajib bekerja sama dengan pengusaha lokal. Pasalnya yang menjadi problem pengusaha lokal Kendari saat inu adalah kesempatan. Sementata untuk kemampuan (performance) pelaku UMKM sudah baik, terutama soal etos kerja dan kemampuan untuk menyesuaikan dengan tuntutan profesional.

“Pelaku UMKM kita terkendala kurang mendapatkan kesempatan. Oleh karena itu, saya harap dengan hadirnya investor di Kendari itu bisa mengajak semua (UMKM) untuk bermitra. Sehingga teman-teman juga phnya kesempatan untuk belajar untuk meningkatkan kemampuanny dan bisa naik kelas,” kata Sulkarnain Kadir.

Ketua Kendari Preneur, Syarif Maulana mengatakan bantuan 10 Foodtruck berasal dari investasi PT Sari Kreasi Boga, perusahaan milik Raffi Ahmad. Bantuan tersebut diserahkan kepada pihaknya yang dipercaya Wali Kota Kendari sebagai wadah para pelaku UMKM di Kota Lulo. “Bantuan ini adalah yang terbesar diseluruh Indonesia, di daerah lain paling banyak mendapatkan bantuan hanya 3 unit. Di Kendari dapat 10 unit,” kata Syarif Maulana.

Nilai investasi yang dikeluarkan PT Sari Kreasi Boga lanjutnya, senilai Rp 6 miliar. Kendari sengaja menjadi pilihan lantaran kondisi perekonomian relatif mulai stabil di masa pandemi corona. “Pertumbuhan ekonomi Kota Kendari sangat baik. Jadi itu dasar investasi Food truck di Kendari. Mudah-nudahan investasi 10 Food truck ini bisa dirasakan UMKM di Kendari. Salah satunya bisa memudahkan pemasaran produk-produk terbaik Kota Kendari. Bisa mendisplaykan produknya di Food truck ini. Karena sudah tersedia layarnya. Sangat baik juga untuk industri kreatif kita,” kata Syarif.

Food truck kata dia, merupakan bagian dari upaya membantu pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19. Pasalnya Foodrruck bisa mengurai kerumunan orang banyak pada satu titik kuliner. Selain itu, foodtruck membantu UMKM dalam memperkenalkan bergam produknya ke beberapa titik yang sulit terakses seperti kawasan wisata, perumahan dan lainnya. “Hasilnya akan dievaluasi. Kalau berhasil, kemungkinan besar pelaku UMKM Kota Kendari kembali akan mendapatkan bantuan food truck,” kata Syarif Maulana. (c/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy