DPD RI Diminta Bantu Percepatan Pemekaran Kepton – Kendari Pos
Bau-bau

DPD RI Diminta Bantu Percepatan Pemekaran Kepton

KENDARIPOS.CO.ID– Dukungan terhadap pemekaran Provinsi Kepulauan Buton (Kepton) dari Sulawesi Tenggara (Sultra) terus disuarakan. Tak hanya Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, harapan terbentuknya Kepton juga datang dari Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi.

Semangat dukungan pemekaran itu dilontarkan kembali ketika menyambut kedatangan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI), La Nyalla Mahmud Mattalitti bersama rombongan, dalam agenda kunjungan kerja (Kunker) di Kota Baubau. Bersama Wali Kota Baubau, AS Tamrin, Ali Mazi menitip pesan untuk dapat mendorong percepatan daerah persiapan pembentukan Provinsi Kepton.

Ali Mazi menerangkan, saat ini wilayah adminitrasi Pemerintah Provinsi Sultra telah berkembang menjadi 17 daerah otonom. Seluruhnya terdiri dari 15 kabupaten dan dua kota. Dengan wilayah yang begitu luas dan perkembangan dinamika masyarakat, maka perlu pemekaran. Selain mengatasi kesenjangan antara wilayah, pemekaran juga menguntungkan bagi pelayanan pemerintah dan menjadi lebih terfokus serta dekat dengan rakyat.

“Selain itu, aspirasi pembentukan Provinsi Kepton bukanlah tanpa alasan yang kuat. Wilayah cakupan yang merupakan Kesultanan Buton kini telah menjadi enam daerah, yakni Kota Baubau, Kabupaten Buton, Buton Utara, Wakatobi, Buton Tengah dan Buton Selatan. Seluruhnya tumbuh sebagai daerah yang mandiri dengan kekayaan sumber daya alam melimpah,” kata Ali Mazi, kemarin.

Pihaknya sudah mengajukan surat ke Ketua DPD RI terkait percepatan pembentukan wilayah. Semua menerangkan tentang kondisi dan situasi wilayah Sultra dahulu yang sebelum dan sesudah terbentuk, beribu kota di Baubau. Olehnya itu pemerintah RI melalui DPD RI yang diharapkan dapat mendorong percepatang pemekaran Kepton merupakan langkah yang sangat tepat.

Kunjungan kerja Ketua DPD RI bersama rombongannya itu mendapat sambutan baik dari Pemkot Baubau dan lembaga adat masyarakat setempat. Bahkan La Nyalla Mattalitti dianugerahi gelar kehormatan adat dari Kesultanan Buton dengan gelar Mia Ogena Yi Saragau di Baruga Keraton. Gubernur Sultra Ali Mazi juga dianugerahi gelar kehormatan adat dengan gelar Mia Ogena Bhawaangi Yi Sulawesi Tenggara. Begitu pula dengan Wakil Gubernur, Lukman Abunawas bergelar Mia Ogena Sulewata Bhawaangi Yi Sulawesi Tenggara. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy