Desk Pilkades di Muna Terbentuk, Tahapan Segera Bergulir – Kendari Pos
Muna

Desk Pilkades di Muna Terbentuk, Tahapan Segera Bergulir

KENDARIPOS.CO.ID — Pelaksanaan tahapan pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Muna mulai disiapkan. Panitia kabupaten atau disebut Desk Pilkades telah resmi terbentuk. Selanjutnya tahapan akan segera dilaksanakan, dimulai dari pengumuman desa peserta Pilkades tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Muna, Rustam menerangkan susunan Desk Pilkades yang terbentuk antara lain terdiri dari Dewan Pengarah yang ditempati Bupati, Wakil Bupati, Dandim 1416 Muna dan Kapolres Muna. Selanjutnya Dewan pengarah di isi Asisten I Sekretariat Kabupaten Muna, LM Ruslan Ibu. Sedangkan untuk Ketua Panitia ialah Kepala Dinas PMD Muna.

Rustam

“Panitia desk Pilkades itu sudah terbentuk. Nantinya akan dikuatkan dalam surat keputusan (SK) Bupati,” kata Rustam, Selasa kemarin.

Setelah terbentuk Desk Pilkades kata mantan Kepala BKD Muna ini, yaitu penetapan Peraturan Bupati (Perbup) tentang panduan teknis Pelaksanaan Pilkades. Perbup itu juga mengatur 60 desa yang menjadi peserta dalam Pilkades tahap pertama tersebut. “Secara teknis, tinggal koordinasi dengan Biro Hukum Provinsi saja. Setelah itu, baru kita umumkan semua tahapannya,” terangnya.

Rustam menambahkan, Desk Pilkades saat ini juga sudah menyiapkan persyaratan calon kades (Cakades). Persyaratan itu akan diperketat terutama mengenai petahana yang wajib menyertakan surat keterangan bebas temuan pengelolaan ADD dan DD dari Inspektorat. Sedangkan persyaratan umum, misalnya mengenai batas usia maksimal calon.

“Batas usia cakades maksimal 60 tahun. Tetapi ini masih ada perbedaan antara Permendagri dan Perda, sehingga menunggu hasil konsultasi dari Provinsi,” urainya.

Ia juga menyebutkan, tahapan Pilkades ditargetkan akan selesai akhir tahun. Pelaksanaan pemungutan suara diproyeksikan Oktober dan pelantikan Kepala Desa terpilih dijadwalkan November atau Desember mendatang. “Tahun ini selesai, sehingga Pemkab bisa fokus menyiapkan Pilkades tahap II untuk 64 desa pada tahun 2022,” imbuhnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy