Bantu Warga Prasejahtera, Pemkot Kendari Hadirkan ATM Beras – Kendari Pos
Aneka

Bantu Warga Prasejahtera, Pemkot Kendari Hadirkan ATM Beras


-DMI Harus Bangun Konektifitas Masjid

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir cukup tanggap mengatasi permasalah sosial di masyarakat. Di tengah kondisi masyarakat yang mengalami kesulitan akibat pandemi covid-19, orang nomor satu di Kota Kendari memberi solusi dengan menghadirkan mesin ATM beras.

Sulkarnain mengaku akan terus berupaya menjawab persoalan di masyarakat. Apalagi saat ini masyarakat tengah menghadapi masalah yang kompleks dan multidimensi. Untuk itulah, pemerintah berusaha selalu hadir. Salah satunya melalui pengadaan mesin ATM beras di Masjid Al Falah Baruga.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (empat dari kiri) dengan pengurus DMI usai melaunching mesin ATM beras di Masjid Al Falah, Baruga

Dalam program ini lanjut politisi Partai Keadilan Sejatera (PKS) ini, turut melibatkan Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) termasuk Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Kendari. Sebab kehadiran DMI diharapkan bisa membantu pemerintah mengatasi berbagai permasalahan umat.

“DMI harus menjalankan peran ekonomi. Karena kita tidak ingin, masjid yang sudah megah ini dihiasi dengan ketimpangan. Ada yang masih merasa kelaparan. Nah ini yang coba kita mau jawab,” kata Sulkarnain Kadir usai mengukuhkan pengurus DMI Kecamatan Baruga di Masjid Al Falah Baruga.

Di sisi lain, ia berharap DMI bisa menjadi wadah penghubung antara masjid di Kota Kendari. Apalagi jumlah masjid di Kota Lulo yang saat ini tercatat sudah mencapai sekira 600 masjid.

“Masjid di Kota Kendari ini cukup banyak. Hanya saja, selama ini masing-masing fokus pada masjid yang dikelola. Belum ada konektifitas antara masjid yang satu dengan yang lainnya. Padahal kalau seluruh potensi masjid ini bisa dikonsolidasi dengan baik, maka akan sangat membantu pengembangan rumah ibadah, terutama masjid yang masih membutuhkan pendampingan,” kata Sulkarnain.

Ia mencontohkan, ada masjid yang karpet dan mimbarnya masih bagus sudah diganti dengan yang baru. Alangkah baiknya jika berikan pada masjid sekitar yang lebih membutuhkan. “Makanya nanti kita akan subsidi silang. Mudah-mudahan upaya ini bisa membantu pemerintah dalam memberikan pendampingan kepada seluruh masjid di Kota Kendari,” ungkapnya.

Dalam upaya mengatasi problem umat, ia juga telah menghadirkan inovasi mesin ATM beras di Masjid Al Falah Baruga. Rencanqnya, wadah amal itu akan dipasang pada 100 masjid yang ada di Kendari. Hadirnya ATM beras diharapkan dapat membantu masyarakat prasejahtera di Kota Lulo.

Sulkarnain mengaku sengaja menghadirkan mesin ATM beras dalam rangka membantu masyarakat kurang mampu di Kota Kendari. Pasalnya, wabah Covid-19 yang melanda sejak tahun lalu berdampak pada perekonomian masyarakat. Banyak warga yang kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

“Jadi program ini sasarannya adalah masyarakat kurang mampu yang ada di sekitar masjid. Nanti mereka diberi ATM untuk digunakan untuk memperoleh beras dan telur. Tapi kedepannya, ada komoditas lain pengganti telur. Seperti ikan sarden dan lainnya,” ungkap Sulkarnain.

Selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kurang mampu, hadirnya mesin ATM di Masjid merupakan bagian dari upaya pihaknya dalam mendorong peningkatan keimanan dan ketakwaan masyarakat dengan lebih cinta beribadah di masjid. “Kita juga ingin umat lebih dekat dengan masjid. Makanya tadi ada pemikiran untuk bagaimana umat mendapatkan beras dan telur ini diwaktu salat. Diwaktu subuh, di masjid. Setelah salat baru kemudian dia ambil berasnya. Jadi nanti kita seting alatnya berasnya keluar pada subuh hari,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy