Bangkitkan Sektor Pariwisata, Pemkot dan Kemenparekraf Kampanye Gerakan BISA – Kendari Pos
Metro Kendari

Bangkitkan Sektor Pariwisata, Pemkot dan Kemenparekraf Kampanye Gerakan BISA


KENDARIPOS.CO.ID — Covid-19 masih menjadi pandemi di tanah air. Terjangan badai Covid-19 itu mempengaruhi seluruh sektor kehidupan, termasuk sektor pariwisata. Di Kota Kendari, seluruh Daerah Tujuan Wisata (DTW) juga terdampak. Sebut saja, Pantai Nambo dan Kebun Raya Kendari. Atas dasar itu, Pemkot berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengampanyekan gerakan Bersih, Indah, Sehat, dan Aman (BISA). Gerakan ini diharapkan bisa membangkitkan sektor pariwisata di Kota Lulo.

Wali Kota Kendari mengungkapkan, gerakkan BISA merupakan tindak lanjut dari pertemuan Pemkot Kendari dan Kemenparekraf RI di Jakarta, baru-baru ini. Gerakan BISA dimaksudkan untuk menstimulasi Kota Kendari sebagai daerah tujuan wisata agar bisa bangkit dari pandemi Covid-19 yang melanda.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (kanan) dan Koordinator Area III Wilayah Sulawesi Kemenparekraf RI, Agus Suprihastono (tengah) dalam pencanangan kampanye Gerakan BISA di Pantai Nambo, Kamis (17/6)kemarin. Gerakan itu sebagai bentuk akselerasi pemulihkan sektor pariwisata di Kota Lulo.

Tahap awal, kata Wali Kota Kendari Sulkarnain, gerakkan ini dimulai di Pantai Nambo dengan harapan masyarakat maupun wisatawan bisa berkunjung kembali untuk menikmati keindahan pantai yang terletak di bagian timur Kota Kendari itu.

“Saya harap gerakan BISA ini menjadi awal kebangkitan sektor pariwisata kita untuk mempromosikan potensi yang ada di Kota Kendari. Ke depan tidak hanya Pantai Nambo saja, gerakan ini kita akan gencarkan di beberapa objek wisata lain seperti Kebun Raya Kendari dan masih banyak lagi,” kata Sulkarnain Kadir usai pencanangan gerakan BISA di Pantai Nambo, Kamis (17/6) kemarin.

Politisi PKS Sultra ini tak menampik jika wabah Covid-19 menyebabkan penurunan jumlah wisatawan di Pantai Nambo. Bahkan pada awal pandemi (2020) sama sekali tidak ada pengunjung. Oleh karena itu, melalui gerakan BISA kali ini diharapkan bisa menjadi momentum untuk membangkitkan lagi sektor pariwisata Kota Kendari.

Kendati sudah membolehkan wisatawan berkunjung di Kendari, utamanya di Pantai Nambo, Pemkot Kendari tetap memastikan akan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. Setiap pengunjung diwajibkan memakai masker, mencuci tangan dan tidak berkerumun. “Kita buka terbatas. Pengunjungnya maksimal 50 persen. Dan semua harus patuhi prokes,” kata Sulkarnain Kadir.

Pada kesemapatan yang sama, Koordinator Area III Wilayah Sulawesi Kemenparekraf RI, Agus Suprihastono mengapresiasi gerakan BISA di Pantai Nambo. Menurutnya, gerakan tersebut merupakan tindak lanjut dari instruksi Menteri Parekraf RI Sandiaga Uno bahwa pemda harus bergerak cepat. Maksudnya mempercepat pemulihan pariwisata dan menggarap seluruh potensi yang ada untuk diperkenalkan kepada masyarakat sebagai promosi wisata.

Agus Suprihastono menegaskan gerakan gisa di Kendari penting dilakukan mengingat Kota Lulo yang merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara sekaligus merupakan wilayah penyangga Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) Wakatobi.

“Kami ingin Kendari bisa dikenal banyak orang. Untuk itu gerakkan ini kita realisasikan. Agar bisa menjadi daya tarik daerah. Sehingga orang mau datang berkunjung di Kendari,” kata Agus.

Sebagai bentuk dukungan, Kemenparekraf akan memberikan bantuan kepada Pemkot Kendari melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2022. Agus tidak menyebut detail jumlah bantuan yang akan diberikan, yang jelasnya dari sekira 514 Kabupaten/Kota di Indonesia, hanya sekira 89 daerah yang mendapatkan bantuan. Salah satunya adalah Kota Kendari.

“Kami harap sektor pariwisata Kota Kendari bisa bangkit kembali, sehingga bisa dikunjungi banyak orang. Olehnya itu saya harap seluruh stakholder termasuk masyarakat sekitar untuk bersinergi bersama-sama mendukung gerakan ini agar wisata kita bisa tumbuh kembali,” kata Agus. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy