29 Ribu Anak di Kendari Belum Punya Akta Kelahiran, Disdukcapil Turun “Jemput Bola” – Kendari Pos
Metro Kendari

29 Ribu Anak di Kendari Belum Punya Akta Kelahiran, Disdukcapil Turun “Jemput Bola”

KENDARIPOS.CO.ID — Kesadaran warga metro terkhusus para orang tua masih rendah dalam mengurus kepemilikan akta kelahiran anaknya. Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari, sekira 29 ribu (24,92 persen) dari 120.089 anak usia 0 – 18 tahun di Kendari belum memiliki akta kelahiran.

Kepala Disdukcapil Kendari, Agus Salim menyayangkan hal tersebut. Pasalnya, akta kelahiran merupakan wujud pengakuan negara terhadap keberadaan seseorang dalam yang tertuang dalam bentuk dokumen atau bukti identitas seseorang.

“Akta kelahiran juga menjadi dasar dan bahan rujukan penetapan identitas lainnya seperti Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK), penulisan ijazah dan keperluan lainnya,” ungkap Agus Salim, kemarin.

Kepemilikan akta kelahiran kata dia, penting karena merupakan hak atas identitas seseorang dan sebagai bentuk pengakuan negara kepada seseorang di depan hukum. “Hak identitas anak sudah diatur dalam Pasal 5 Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak. Jadi kami harap para orang tua peduli dan mau menyegarakan diri mengurus akta kelahiran bagi anaknya,” kata Agus Salim.

Asisten I Pemkot Kendari ini mengaku terus mensosialisasikan kepemilkkan akta kelahiran di tengah masyarakat. Pihaknya bahkan bersiap untuk turun lapangan jika ada masyarakat yang tidak sempat berurusan di Kantor Kecamatan.

Agus Salim

“Istilahnya sekarang kita jemput bola. Termasuk pengurusan administrasi kependudukan lainnya seperti perekaman KTP Elektronik. Bahkan dalam waktu dekat ini kita akan menjalin kerja sama dengan seluruh rumah sakit, yang mana jika ada pasien bersalin itu langsung kita berikan tiga pelayanan (Three in One) yakni perubahan KK, pembuatan Akta Kelahira dan pengurusan KIA (Kartu Identitas Anak),” kata Agus Salim.

“Semua pengurusan gratis tanpa pungut biaya sepeserpun. Maka dari itu kami minta para orang tua agar segera mendaftarkan mendaftarkan anaknya untuk memiliki kutipan akta kelahiran,” pungkasnya. (b/ags)

Kepemilikan Akta Kelahiran
Wajib Akta 120 Ribu Anak
Kantongi Akta 91 Ribu Anak
Belum Memiliki Akta 29 Ribu Anak

Upaya Disdukcapil
-Masifkan Sosialisasi
-Jemput Bola dan Turun Di Masyarakat
-Jalin Kerjasama dengan RS dan Puskesmas
-Buka Layanan Three In One

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy