Tak Terbukti Plagiat, Prof Zamrun Diizinkan Bertarung di Pilrek UHO – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Tak Terbukti Plagiat, Prof Zamrun Diizinkan Bertarung di Pilrek UHO

KENDARINEWS.COM — Prof. Dr. Muhammad Zamrun, F., M.Si., M.Sc., akhirnya ditetapkan oleh Kemendikbud-Ristekdikti sebagai salah satu bakal calon (Balon) Rektor UHO periode 2021/2025 mendatang. Itu setelah hasil investigasi Tim Kememdikbud-Ristekdikti tidak menemukan tindak plagiasi dalam tulisan karya tulis yang bersangkutan (Prof. Zamrun) seperti yang dilaporkan sejumlah pihak.

Hal itu tertuang dalam surat rekomendasi yang ditandatangani Dirjen Dikti per tanggal 10 Mei 2021. Ada tiga poin yang sampaikan pihak Kemendikbud, sebagaimana diungkapkan Ketua Senat UHO, Prof. Dr. Takdir Saili, saat konferensi pers di ruanganya, Selasa (11/5), siang.

Adapun tiga hal yang disampaikan. Pertama, tim khusus investigasi Dikti dan para pihak menyimpulkan tidak ada tindak plagiasi. Kedua, Senat dan Rektor UHO diminta oleh Dirjen Dikti dirjen untuk melakukan pembinaan sehingga sivitas akademika mampu menjaga dan menjunjung tinggi etika akademik dalam penulisan maupun publikasi karya tulis ilmiah. Ketiga, menyampaikan pada senat segera melanjutkan tahapan penjaringan dengan mengikutsertakan 8 Balon Rektor UHO.

“Berdasarkan hasil tim klarifikasi dan pendalaman Dikti dan senat UHO sejak awal memang tidak ada plagiasi. Bila sebelumnya senat menetapkan 7 Balon Rektor UHO, maka sesuai surat Kemendikbud tadi tambah 1 Balon lagi (menjadi 8 Balon), yakni dimasukannya Prof. Dr. Jamhir Safani,” terang Prof Takdir Saili.

Kata Takdir, hasil keputusan senat siang tadi disepakati secara bulat isi surat Dirjen Dikti dan kelanjutan penyaringan yaitu penyampaikan visi misi dan program kerja para calon menuju tiga besar. “Insya Allah tanggal 18 Mei mendatang kita akan lakukan tahapan penyaringan Balon Rektor,” sambung Prof Takdir.

Ia menambahkan tahapan penyaringan diikuti 8 balon Rektor UHO, Dr. Salam, Prof. Dr. Muh. Zamrun Firihu, Prof. Dr. Buyung Sarita, Prof. Nurdin, Mustarum Musaruddin, PhD., Dr. Bahtiar dan Prof. Dr Mar’uf Kasim. Tahap ini, masing-masing Balon Rektor akan menyampaikan visi misi dan program kerja strategis secara langsung dihadapan 113 anggota senat. (lia/ani)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy