Siswa MI Ummusshabri Kendari Raih Juara I Olimpiade AKM Matematika Tingkat Nasional – Kendari Pos
Edukasi

Siswa MI Ummusshabri Kendari Raih Juara I Olimpiade AKM Matematika Tingkat Nasional

KENDARIPOS.CO.ID — Prestasi membanggakan tingkat nasional kembali diperoleh siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pesantren Ummusshabri Kendari. Kali ini kebanggaan tersebut dipersembahkan oleh Rizquillah Adya Putra pada ajang Olimpiade Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Matematika tingkat nasional yang diselenggarakan secara on-line oleh lembaga independen Nice by Indonesia sebagai Education Event Organizer tingkat Nasional. Prestasi tersebut diperoleh setelah melaui dua babak lomba, yaitu; babak penyisihan yang dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2021 dan babak final pada tanggal 9 Mei 2021. Rizquillah tampil sebagai yang terbaik pertama/medali emas dengan memperoleh nilai 190 yang merupakan nilai tertinggi dan mengalahkan 248 peserta lainnya yang berasal dari sekolah – sekolah unggul SD/MI di Indonesia.
Olimpiade Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Matematika ini, merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia. Salah seorang pembina Olimpiade MI Pesri Kendari, Nasruddin Gito, S.Pd, yang juga sebagai wakil kepala madrasah menuturkan, Rizquillah ini termasuk siswa yang berbakat, kendatipun baru duduk di kelas 3 namun semangat kompetisinya kuat. “Untuk sampai menjadi yang terbaik pada ajang ini tim olimpiade MI Ummusshabri bekerjasama dengan orang tua/wali terus memberikan bimbingan. Yakni melalui latihan-latihan mengerjakan soal kendatipun harus dilakukan dengan cara daring/online akibat pandemi covid 19 yang belum berlalu. Namun semangat tim tidak pernah putus asa untuk melakukan yang terbaik buat anak-anak kami, “jelasnya.

Rizquillah Adya Putra, Siswa MI Ummusshabri, meraih juara terbaik 1 Olimpiade AKM Matematika Tingkat Nasional.

Kepala MI Ummusshabri Kendari, Fajeri Ishak, S.Pd.I., M.Ed bersyukur atas prestasi tersebut. “Alhamdulillah dan ucapan selamat serta apresiasi yang tinggi atas prestasi yang diraih siswa kami, terima kasih buat ananda Rizquillah Adya Putra dan pembinanya karena telah mengangkat nama baik madrasah di tingkat nasional, meskipun dalam kondisi pandemi covid-19,” terangnya.
Prestasi ini merupakan kado Indah pertama untuk MI Ummusshabri pasca perayaan hari Raya idul fitri tahun ini. Dia yakin bahwa capaian hari ini merupakan buah dari kesungguhan siswa dan pembinanya serta partisipasi dari orang tua/wali dalam mempersiapkan diri dan berusaha secara maksimal yang disertai dengan do’a.
Meskipun Rizquillah baru kelas 3 namun dapat bersaing dengan siswa yang duduk di kelas 4 sampai kelas 6 dari beberapa provinsi. “Ini semakin meyakinkan kami bahwa sebenarnya banyak siswa kami mempunyai kemampuan di atas rata-rata yang harus dikembangkan madrasah melalui kegiatan ekstrakurikuler atau pembinaan kelas olimpiade, “tambahnya.

Rizquillah Adya Putra, Siswa MI Ummusshabri, meraih juara terbaik 1 Olimpiade AKM Matematika Tingkat Nasional.
Ketua Yayasan Ummusshabri Kendari, Dr. Supriyanto, MA mengapresiasi prestasi yang kembali dipersembahkan oleh MI Ummusshabri ini. menurutnya prestasi tingkat nasional siswa MI Ummusshabri ini membuktikan kualitas pendidikan di Ummusshabri sudah mengacu pada standar PISA (Program International Student Assesment) yang selalu menjadi tolak ukur kualitas pendidikan antar negarHal ini  bisa menjadi yang terbaik pada olimpiade AKM ini merupakan kebanggaan tersendiri, karena olimpiade AKM ini yang terdiri dari 2 subjek yaitu literasi dan numerasi juga menjadi subjek utama untuk mengukur kualitas pendidikan di negara-negara maju.“Alhamdulillah, silih berganti siswa-siswi Ummusshabri berprestasi di tingkat nasional di berbagai event kompetisi dan mampu bersaing dengan sekolah dan madrasah unggul yang ada di Indonesia.Tentu dengan prestasi nasional ini maka Ummusshabri sudah masuk dalam pusaran sekolah/madrasah berprestasi. Apalagi di bulan ramadhan yang baru berlalu, madrasah Ummusshabri dinobatkan sebagai 5 besar madrasah/sekolah terbaik di Indonesia oleh Kementerian Agama RI," paparnya.  

“karenanya prestasi yang dipersembahkan oelh siswa MI Ummusshabri ini menjadi motivasi yang kuat agar Ummusshabri terus bergerak menorehkan prestasi demi prestasi lainnya dan tidak boleh berhenti di tempat, terlebih sudah terbangun stigma di masyarakat bahwa Ummusshabri sebagai sekolah yang berprestasi baik bidang akademik maupun non akademik, baik bidang keagamaan maupun sains, “pesannya.(adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy