Samahuddin Yakin Pembangunan Jembatan Tona dan Dermaga Tolandona Bakal Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi – Kendari Pos
Nasional

Samahuddin Yakin Pembangunan Jembatan Tona dan Dermaga Tolandona Bakal Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

–Menggantung Asa dari Jembatan Tona dan Dermaga Tolandona–

KENDARIPOS.CO.ID — Di daerah otorita Bupati Buton Tengan (Buteng) Samahuddin, akan ada dua proyek strategis nasional. Dua proyek itu adalah pembangunan Jembatan Buton-Muna (Tona) -bakal dibangun tahun depan- dan proyek pembangunan dermaga feri di Tolandona.

Publik meyakini akses pertumbuhan ekonomi akan kian berkembang dengan adanya dua proyek yang dibiayai dari saku pemerintah pusat (APBN) itu.

Bupati Buteng, Samahuddin (tiga dari kanan) saat meninjau lokasi rencana pembangunan dermaga fery di Kelurahan Tolandona, Kecamatan Sangiawambulu

Bupati Buteng, Samahuddin pun power full mendukung pembangunan Jembatan Tona-buah ide cemerlang Gubernur Ali Mazi-dan dermaga fery. Samahuddin meyakini dua proyek itu nantinya mampu meningkatkan kemajuan ekonomi daerah dan masyarakat. Samahuddin punya argumen soal itu.

Kata dia, letak geografis Buteng sangat strategis sehingga dipilih menjadi titik pembangunan proyek besar tersebut.

“Misalnya, pembangunan jembatan Tona. Ketika pembangunan ini terealisasi, nantinya Buteng akan menjadi daerah sentral karena wilayah Buteng berada di tengah-tengah antara Pulau Muna dan Buton,” ujar Samahuddin kepada Kendari Pos, kemarin.

Konektivitas wilayah antarpulau sudah dicita-citakan Ali Mazi sejak periode pertama menjabat Gubernur Sultra. Ali Mazi akan membangun Jembatan Buton-Muna (Tona). Tahun depan, Pulau Buton dan Muna akan terkoneksi dengan pembangunan jembatan Tona sekira 762,5 meter. Mewujudkan ide cemerlang gubernur itu, bukan urusan Pemprov Sultra semata, namun juga pemerintah daerah yang akan dilintasi jembatan Tona.

Pemerintah Kota Baubau dan Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) turut berkontribusi. Wali Kota Baubau, AS Tamrin dan Bupati Buteng, H.Samahuddin sudah berkomitmen membebaskan lahan yang menjadi lokasi berdirinya jembatan. Wali Kota Baubau, AS Tamrin bahkan sudah meninjau lokasi pembangunan Jembatan Tona.
Bupati Buteng, Samahuddin menunjukkan dukungannya akan pembangunan Jembatan Tona dengan menyediakan lahan sekira 35 hektare.

Bagi Bupati Samahuddin dengan adanya dermaa fey di Tolandona, perputaran roda ekonomi Buteng tidak hanya terpusat di pelabuhan Wamengkoli saja. “Pembangunan dermaga fery dibiayai APBN. Tahun 2021 ini sudah mulai dikerjakan,” ulas Samahuddin.

Bupati Samahuddin memastikan lahan lokasi pembangunan dua mega proyek itu tidak ada masalah. Lokasi pembangunan jembatan di Desa Baruta sedangkan lokasi pembangunan dermaga fery di Kelurahan Tolandona. Samahuddin belum dapat memastikan anggaran pembangunan jembatan Tona. Hanya saja proyek besar ini kemungkinan besar akan dilaksanakan ditahun 2022. “Tahun ini, baru dermaga fery Tolandona yang akan dibangun. Adapun jembatan Tona mungkin tahun 2022. Kita tunggu saja kepastian dari pemerintah pusat,” tuturnya.

Samahuddin menjamin Pemkab bersama masyarakat Buteng mendukung penuh adanya proyek nasional itu di Buteng. Sebab, membawa manfaat besar dalam pembangunan daerah secara berkelanjutan. Tak hanya dari aspek ekonomi namun juga aspek lainnya. Akses transportasi terbuka lebar.

Dan itu sangat mendukung lalu lintas distribusi barang dan jasa. “Saya yakin dengan adanya jembatan Tona dan dermaga Tolandona nanti maka masyarakat Buteng akan sejahtera,” ungkap Bupati Samahuddin sembari meminta masyarakat Buteng mendukung program nasional tersebut. (rud/b)

Mendukung Lalu Lintas Distribusi Barang dan Jasa

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy