Salat Ied Hanya Digelar di Masjid – Kendari Pos
Konawe

Salat Ied Hanya Digelar di Masjid


KENDARIPOS.CO.ID – Beberapa daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai mengumumkan titik lokasi pelaksanaan salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriyah. Di Konawe, pelaksanaan salat Ied tahun ini dipastikan hanya bisa digelar di masjid. Hal itu menyusul keputusan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Konawe yang masih belum membolehkan warga menggelar salat di lapangan terbuka.

Kepala Kantor Kemenag Konawe, H. Nasir, mengatakan, pertimbangan pandemi membuat pihaknya memutuskan melarang warga menggelar salat Ied di lapangan terbuka. Meski tak begitu detail menerangkan, katanya, keputusan yang diambil tersebut sudah memertimbangkan surat edaran (SE) Kemenag RI nomor 4 tahun 2021 tentang panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri tahun 1442 Hijriyah.
“Di Konawe, salat Ied dilakukan di masjid masing-masing. Hanya di masjid, dengan tak lupa menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19. Tidak bisa di lapangan,” tegas H. Nasir, Rabu (5/5).

Ia menyebut tak ada imbauan khusus bagi jamaah salat Ied. Sebab, semua ketentuannya sudah jelas termuat dalam SE Kemenag RI. Ia menambahkan, ini kali kedua pelaksanaan salat Ied di Konawe dilakukan di masjid, setelah ditahun 2020 lalu terjadi pelarangan serupa. Yang membedakan, sebutnya, salat Ied di masjid kali ini tidak akan menerapkan skema rayonisasi sebab dikhawatirkan memicu munculnya kerumunan baru. “Pola tersebut kita tidak terapkan lagi. Kita menghindari terjadinya kerumunan jemaah salat Ied pada satu titik,” tandasnya. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy