Perusahaan Lebih Minat Kakao Fermentasi – Kendari Pos
Kolaka Utara

Perusahaan Lebih Minat Kakao Fermentasi

KENDARIPOS.CO.ID — Komoditas kakao produksi petani Kolaka Utara (Kolut) akan dibeli oleh perusahaan yang bergerak pada Sentra Mayor Project Kakao dalam jumlah besar. Namun, kakao yang dibeli tak sepenuhnya diolah menjadi cokelat kemasan, melainkan fokus ke-fermentasi.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolut, Ismail Mustafa menjelaskan, keberadaan pabrik di kawasan sentra bukan untuk mengelolah semua komoditas yang dipasok dari lapangan. Kakao dari petani itu lebih condong bakal difermentasi guna dijual ke perusahaan mitra, yang diajak kerjasama. “Orang berpikir pabriknya kecil. Bagaimana bisa akan membeli semua kakao petani. Nah ini yang perlu kami jelaskan,” terang Ismail kepada Kendari Pos, Minggu (16/5).

Ia mengungkapkan perusahaan akan membeli kakao dalam jumlah besar namun sebagian besar fokus dijadikan kakao fermentasi. Arah penjualannya yakni ke perusahaan-perusahaan yang diajak kerjasama baik di dalam atau luar negeri.

Ismail Mustafa

Selain itu, kakao itu juga akan diolah setengah jadi atau dalam bentuk kepingan yang juga untuk dijual. Cara lain namun dalam jumlah terbatas yakni penjualan minyak lemaknya, bubuk serta dalam bentuk jadi atau cokelat kemasan. “Jadi, ada fermentasi, kepingan, lemak, serbuk serta coklat. Nah yang akan diproduksi di pabrik menjadi cokelat kemasan dan dijual dipasaran, jumlahnya kecil karena fokus kita ke arah fermentasi,” paparnya.

Meskipun sebelumnya sudah ada perusahaan luar yang ingin menjalin kerjasama soal pembelian kakao fermentasi tersebut, namun hal itu harus dipastikan. Sebelum melakukan pengumpulan, sasaran pasar harus disiapkan oleh PT Kakao Kolut Madani agar komoditas itu tidak tertampung begitu saja. “Soal permintaan kerjasama sudah banyak yang mengajukan ke pemkab. Namun hal itu akan dipastikan lagi antara kesiapan kedua belah pihak,”katanya.

Pabrik cokelat yang ada di kawasan sentra, kata dia, sudah bisa melakukan produksi. Hanya saja untuk membuat cokelat sesuai standar pasaran dan rasa yang disukai konsumen, masih menjadi kendala. Hal itu karena belum adanya kesiapan sumber daya manusia yang akan menangani hal itu. (rus/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy