Pendaftaran Program PGP Diperpanjang Hingga 25 Mei – Kendari Pos
Edukasi

Pendaftaran Program PGP Diperpanjang Hingga 25 Mei

Guru SMKN 4 Kendari tampak mengikuti kegiatan, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Pendaftaran Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) yang dirancang oleh Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, diperpanjang hingga 25 Mei mendatang. Hal ini menyusul adanya sejumlah keputusan di seluruh Indonesia yang menginginkan adanya perpanjangan waktu pendaftaran.

Kabid GTK Dikbud Sultra, Syaiful, S.Pd., mengatakan perubahan jadwal yang dilakukan pemerintah pusat, seiring dengan banyaknya laporan dan permintaan setiap daerah, termasuk di Sultra untuk memberikan keringanan atau perubahan jadwal.

“Kami semua sepakat agar pendaftaran PGP itu diperpanjang, hal tersebut karena banyaknya antusias dari para guru yang ingin mendaftarkan diri sebagai PGP. Tentunya itu menjadi sebuah pertimbangan yang cukup kuat, bagi daerah-daerah untuk sepakat agar pendaftaran itu diperpanjang,” ungkap Syaiful, Selasa (4/5).

Selanjutnya, ia juga menyampaikan bahwa program PGP ini terbagi menjadi dua, yaitu calon guru penggerak dan calon pengajar praktik (pendamping), dimana keduanya memiliki mekanisme yang berbeda, mulai dari kategori peserta sampai syarat-syarat yang harus dipenuhi.

“Untuk guru penggerak itu diperioritaska bagi guru yang memiliki masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 tahun, memiliki pengalaman minimal mengajar lima tahun. Serta memiliki pengalaman, harus bisa belajar secara online, mandiri, dan terbimbing untuk menyelesaikan 10 modul pembelajaran, 

Adapun kategori calon pengajar praktik, berasal dari guru, kepala sekolah, praktisi/akademisi/konsultan pendidikan, memiliki masa jabatan diatas 10 tahun. “Dengan perannya yaitu, melakukan pendampingan individu, mefasilitasi lokakarya setiap bulan, mengevaluasi dan memberi umpan balik calon guru penggerak, serta membuat laporan capaian perkembangan calon guru penggerak. Nantinya mereka yang lolos akan diberikan pembekalan selama 9 bulan,” tambahnya.

Terkait proses rekrutmen, terbagi dari beberapa proses. “Pertama tahap registrasi, pengisian dan penilaian biodata, esai, serta tes bakat skolastik, tahap dua simulasi mengajar dan wawancara, dan tahap tiga pembekalan. Dimana untuk guru penggerak batas pendaftaran itu sampai 25 Mei dan pengajaran praktik sampai 2 Mei,” pungkasnya.

Untuk diketahui, PGP tahap empat Sultra, dilaksanakan di lima kabupaten yaitu, Bombana dengan kuota 29, Konawa 41, Konawe Selatan 47, Muna 38, dan Mina Barat 18. Namun kuota masing-masing kabupaten masih bisa berubah, disesuaikan dengan kondisi yang ada nantinya. (Ilw/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy