Pemdes Mulai Usul Pencairan Tahap II – Kendari Pos
Wakatobi

Pemdes Mulai Usul Pencairan Tahap II

JUHAIDIN

KENDARIPOS.CO.ID– Pencairan tahap pertama dana desa (DD) sudah tuntas. Kini Pemerintah Desa (Pemdes) pada 75 wilayah di Kabupaten Wakatobi dapat mengusulkan pencairan DD dan alokasi dana desa (ADD) tahap kedua (II). Pencairan tahap kedua masih sama dengan sebelumnya, sebanyak 40 persen. Jika desa ingin usulannya segera direalisasikan, maka laporan pertanggungjawaban tahap pertama harus sesuai dan tuntas.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi, Juhaidin, menyebut, untuk pencairan ADD dan DD prosesnya masih sama dengan tahun lalu. Jika syarat-syaratnya sudah terpenuhi maka anggarannya pun langsung akan masuk ke kas desa masing-masing. Baik untuk kegiatan fisik maupun nonfisik.

“Kalau Pemdes sudah selesai laporan pertanggungjawabannya, bisa mengusul. Jika telah tuntas, maka langsung dicairkan. Tapi biasanya ada perbaikan-perbaikan. Sehingga tidak sedikit pihak desa yang harus mondar-mandir ke sini (BPKAD) untuk mengurus,” akunya, Selasa (18/5).

Juhadin menambahkan, untuk tahun 2021 total DD maupun ADD mengalami kenaikan. Jika tahun lalu ADD untuk 75 desa sebesar Rp 45 miliar kini naik menjadi Rp 47 miliar lebih. “Sementara DD juga meningkat dari Rp 66 miliar, tahun ini meningkat menjadi Rp 67 miliar,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Administrasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Desa (DP3A dan Pemdes) Wakatobi, Sarimu, menyebut, pencairan tahap kedua DD maupun ADD sudah bisa dilakukan pada Mei ini. Namun semua harus didukung dengan kesiapan laporan pihak desa. “Kami berharap, Pemdes bisa memanfaatkan anggaran tersebut dengan tepat untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa. Apalagi beberapa tahun terakhir porsi ADD maupun DD selalu mengalami kenaikan,” tandasnya. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy