Mengenang Prof. Dr. H. Hilaluddin Hanafi, M.Pd Oleh: Prof Dr Barlian, Guru Besar FKIP UHO. Sahabat Almarhum Prof. Dr. H. Hilaluddin Hanafi, M.Pd – Kendari Pos
Opini

Mengenang Prof. Dr. H. Hilaluddin Hanafi, M.Pd Oleh: Prof Dr Barlian, Guru Besar FKIP UHO. Sahabat Almarhum Prof. Dr. H. Hilaluddin Hanafi, M.Pd

Aamiin yaa Rabbal’Alamin. (*)

Perkenalan saya secara pribadi dengan sosok almarhum Prof. Dr. H. Hilaluddin Hanafi, MPd, awalnya, ketika kami sama-sama menjadi mahasiswa baru di IKIP Ujung Pandang tahun 1978. Beliau di Fakultas Keguruan Sastra Seni (FKSS), saya di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Hal lain yang menjadikan kami akrab adalah kami sama-sama menjadi aktivis Lembaga Kemahasiswaan: Organisasi Ekstra Universiter Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ujung Pandang. Juga sama-sama menjadi aktivis Organisasi Intra Universiter di fakultas masing-masing. Beliau aktif di Senat Mahasiswa FKSS (SEMA, sebagai Sekretaris); dan saya aktif di Badan Perwakilan Mahasiswa FIP (BPM, sebagai Ketua).

Kami menjalani perkuliahan saat itu, hampir selalu bertemu di kampus (berdiskusi tentang aktivitas di lembaga kemahasiswaan pada saat-saat lowong kuliah) sebagai sesama aktivis organisasi mahasiswa. Dan kami pun mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tahun yang sama, periode tahun 1982. Setelah menyelesaikan studi sarjana (S1), kami hampir tidak pernah bertemu lagi. Namun, alhamdulillah, kami bertemu di Kendari pada tahun 1984/1985. Saat itu beliau melamar kerja di Universitas Haluoleo sebagai calon dosen (pengangkatan tahun 1985). Sedangkan saya pengangkatan tahun 1986.

Dalam periode awal menjadi dosen, kami pun sama-sama berencana melanjutkan studi Pasca Sarjana (S2) di IKIP Malang, dan mulai kuliah tahun 1990. Kami tinggal di rumah kontrakan (kost), bertiga dalam satu rumah yang lumayan besar bersama Dr. Syahri Nehru Husain, MPd, selama kurang-lebih dua tahun. Kami bertiga berhasil menyelesaikan studi magister (S2) hampir bersamaan. Hanya saja, begitu selesai studi S2, Pak Hilal tidak segera kembali ke Kendari, melainkan beliau melanjutkan studi S3-nya. Sebab, karena saat itu bertepatan dengan istri beliau (almarhumah Dr Hj Syamsiar Bahtiar, SE., MPd, Dosen Fak Ekonomi Univ Haluoleo) juga melanjutkan studi S2 di IKIP Malang. Setelah istri beliau tamat S2, lalu mereka sama-sama melanjutkan kuliah S3 (Program Doktor); dan mereka berdua (suami-istri) menyelesaikan studi S3 dalam waktu hampir berturutan.

Dari kedua sosok suami-istri ini, siapa pun yang pernah mengenal dan berinteraksi dengan mereka, akan mendapatkan kesan yang relatif sama, yakni: Sosok pribadi yang baik. Mereka sama-sama sosok agamis yang taat beribadah, murah senyum, rendah hati, santun, sangat beretika, lemah-lembut, duluan menyapa, enak diajak ngobrol, tidak pernah marah, tidak pernah berseteru dengan seseorang baik di kampus, di kantor, ataupun dalam pergaulan di tengah masyarakat luas. Beliau, terutama Prof Hilal, akan selalu dikenang orang (teman-teman yang mengenalnya) sebagai sosok pribadi yang baik dan menyenangkan bila berinteraksi dengannya.

Maka tidaklah mengherankan, sehingga beliau, dalam perjalanan karirnya, pernah diberi amanah, menjabat sebagai: Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Kendari, Pembantu Rektor II Univ Haluoleo, Ketua Senat FKIP Universitas Haluoleo, Ketua Dewan Pertimbangan Universitas Haluoleo (sampai akhir hayat beliau). Saudaraku, kematian itu pasti bagi semua insan yang hidup.

Selamat Jalan Saudaraku. Kami mengiringi kepergianmu dengan doa yang tulus. Saudaraku, engkau telah dipanggil mendahului kami. Dan, kami semua pun akan menyusulmu, tinggal menunggu antrian kapan giliran akan dipanggil. Saudaraku, selamat menghadap/berjumpa dengan Sang Khalik sebagai pemilik kehidupan atas segala Mahluk Ciptaan-Nya. Saudaraku, semoga segala amal ibadah dan kebaikan yang telah engkau tunaikan dan baktikan selama di dunia yang fana ini bernilai ibadah, mendapatkan ridha dan ganjaran pahala kebaikan di Sisi-Nya. Saudaraku, semoga Surga-Nya merupakan tempat terbaik untukmu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy