Ketua DPRD Kendari : Pemilihan Ketua LPM dan BKM Benua Nirae Diulangi – Kendari Pos
Politik

Ketua DPRD Kendari : Pemilihan Ketua LPM dan BKM Benua Nirae Diulangi

KENDARIPOS.CO.ID — Hasil pemilihan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) di Kelurahan Benua Nirae, Kecamatan Abeli bermasalah. DPRD Kendari merekomendasikan pemilihan ulang dua lembaga itu.

H.Subhan

Ketua DPRD Kendari H.Subhan mengatakan, rekomendasi yang dikeluarkan, berdasarkan saat hearing terungkap bila proses pemilihan yang sudah berjalan, tidak sesuai prosedur.

“Ketua terpilih LPM dan BKM, banyak yang merangkap jabatan. Misalnya, ketua Rukun Warga (RW) menjabat sebagai kordinator BKM dan ketua Rukun Tetangga (RT) menjabat sebagai pengurus LPM. Sementra dalam aturan Permendagri nomor 18 tahun 2018 tidak dibolehkan” ujar Subhan.

Lanjut Subhan, berdasarkan aduan masyarakat, pertimbangan Pemkot Kendari dan anggota DPRD, maka pemilihan ulang menjadi solusi agar permasalahan bisa segera terselesaikan. “Selain pemilihan ulang, kami juga memberikan waktu tiga minggu kepada Lurah Benua Nirae La Wati untuk menyelesaikan konflik yang terjadi antar masyarakat,” jelas politisi PKS itu.

Terpisah, Kabag Pemerintah Kota Kendari Akrim menjelaskan berdasarkan regulasi permendagri Nomor 18 tahun 2018, disebutkan bahwa LPM, BKM tidak boleh merangkap jabatan dan tidak boleh berpartai politik.

“Undang-undangnya jelas. Meskipun dalam proses pemilihanya sudah sesuai, akan tetapi pemilihan dan yang terpilih tidak sesui prosedur Undang-Undang Nomor 18 tahun 2018. Meski begitu kita akan kaji dulu apakah diulang atau tidak,” kata Akrim. (ags/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy