Kembangkan Budidaya Rumput Laut dan Lobster, Pemkab Butur Teken MoU dengan FPIK UHO – Kendari Pos
Buton Utara

Kembangkan Budidaya Rumput Laut dan Lobster, Pemkab Butur Teken MoU dengan FPIK UHO

KENDARIPOS.CO.ID – Kabupaten Buton Utara (Butur) memiliki kekayaan bawah laut cukup melimpah. Olehnya itu, Dinas Perikanan Butur terus berupaya mengoptimalkan potensi budidaya yang ada. Teranyar, Pemkab Butur bersama Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo (UHO) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang Rencana Aksi Pengelolaan Budidaya Rumput Laut dan Budidaya (pembesaran) Lobster di Wilayah Pesisir Kabupaten Butur.

“Salah satu keseriusan Pemkab Butur terkait rencana aksi pengelolaan budidaya rumput laut dan budidaya pembesaran lobster wilayah pesisir. Ada MoU dengan Fakultas Perikanan Universitas Halo Oleo. Bupati Buton Utara, Drs. H. Ridwan Zakariah sebagai pihak pertama dan Dekan FPIK UHO, Prof.La Sara, Ph.D. sebagai pihak kedua,” ujar Kepala Dinas Perikanan Butur, LM Karya Jasa Hasan, S.Pi., S.Sos., M.Eng.

Sementara itu, Bupati Butur, Ridwan Zakariah, mengungkapkan berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis produksi rumput laut di laboratorium PT. INRI bahwa kualitasnya masih rendah. Belum diketahui apa penyebabnya apakah soal benih, lama budidaya, faktor lingkungan perairan atau penanganan pasca panen. Kata Bupati, perairan pesisir Buton banyak ditemukan secara alamiah habitat lobster. “Masyarakat penangkapnya kemudian menampungnya di KJA. Upaya ini dimaksudkan untuk mengumpulkan dan membesarkannya hingga jumlahnya dan ukuran bobotnya memenuhi standar untuk dijual,” terangnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UHO, Prof. La Sara mengungkapkan, rencana pengembangan hasil laut Buton Utara sudah menjadi perhatian kepala daerah setempat. Ia mengapresiasi, langkah Pemkab Butur hari ini yang menggandeng FPIK UHO dalam upaya mewujudkan cita-cita tersebut.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati Buton Utara atas inisiatif kerjasama ini yang sesungguhnya beliau ini sejak menjabat sebagai Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah menaruh perhatian besar merencanakan mengembangkan salah satu potensi sumberdaya terbesar di daerah ini, yaitu sumberdaya perikanan dan kelautan,” kata Prof La Sara

Prof. La Sara menjelaskan, poin dari kerjasama ini adalah tentang keseriusan kedua belah pihak untuk mencapai tujuan. Menurutnya, saat ini hanya sedikit pimpinan daerah (Bupati) yang intens memikirkan perencanaan pembangunan daerah pada sektor ini. Meskipun belum tersedia data tentang potensi besar tersebut, ia meyakini di beberapa wilayah pesisir Butur merupakan habitat dari komoditas Rumput Laut dan Lobster. Hal tersebut terbukti dari banyaknya masyarakat yang mengusahakan budidaya kedua komoditas ini.

Kepala Dinas Perikanan Butur, LM Karya Jasa Hasan saat melihat hasil rumput laut.

“Selama ini kita hanya mengetahui bahwa masyarakat mengusahakan budidaya rumput laut dan pembesaran lobster. Artinya bahwa beberapa bagian perairan wilayah pesisir Buton Utara merupakan habitat kedua organisme tersebut,” tandasnya. (had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy