Gubernur Sultra Ali Mazi Hadir Virtual Musrenbangnas 2021 – Kendari Pos
Nasional

Gubernur Sultra Ali Mazi Hadir Virtual Musrenbangnas 2021

Sultra dan Indonesia Bangkit

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian PPN/Bappenas menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2021. Musrenbangnas yang dibuka Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri Wakil Presiden RI K. H. Ma’ruf Amin, serta para menteri Kabinet Indonesia Maju turut dihadiri Gubernur Sultra, Ali Mazi secara virtual.

Musrenbangnas 2021 dalam rangka menyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2022 diikuti Gubernur Sultra Ali Mazi didampingi Kepala Bappeda Sultra Johannes Robert Maturbongs di Rumah Jabatan Gubernur, Selasa (4/5) kemarin. Musrenbangnas 2021 membahas strategi Indonesia bangkit dari pandemi Covid dengan tema sentralnya, pemulihan ekonomi dan reformasi birokrasi.

Agenda itu sejalan tekad Gubernur Sultra Ali Mazi untuk bangkit dari terpaan pandemi dan pemulihan ekonomi daerah di Sultra. Hal itu terjabarkan saat Musnrebang Provinsi Sultra yang dirangkaikan dengan Musrenbang Regional Sulawesi di Kota Kendari.
Gubernur Sultra Ali Mazi menjelaskan pemulihan ekonomi meliputi penguatan konektivitas, peningkatan produktivitas sektor tanaman pangan, pengarusutamaan penanggulangan bencana, peningkatan kualitas lingkungan hidup, pemulihan ekonomi Sulawesi pasca pandemi covid-19 serta merevisi tata ruang pulau Sulawesi.

Gubernur Sultra Ali Mazi didampingi Kepala Bappeda Sultra Johannes Robert Maturbongs mengikuti Musrenbangnas 2021 yang dibuka Presiden RI Joko Widodo secara virtual di Rumah Jabatan Gubernur, Selasa (4/5)

“Pemprov Sultra bersama gubernur se Sulawesi telah melakukan Musrenbangreg Sulawesi yang dirangkaikan dengan Musrenbang Provinsi Sultra. Dalam Musrenbangreg Sulawesi itu, kita membahas beberapa program Sultra masuk dalam RKP 2022. Nah, di sini kita juga sekaligus memastikan, sebab dalam 20 Program yang kita usul enam diantaranya masuk dalam RKP nasional. Ini yang kita kawal,” ujar Gubernur Sultra, Ali Mazi usai
mengikuti Musrenbang nasional, kemarin.

Dalam Musrenbang nasional kemarin, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, RKP 2022 sebagai momentum bangkitnya Indonesia dari pandemi dengan mewujudkan transformasi ekonomi. Hal ini sekaligus sebagai landasan menuju Indonesia Maju pada 2045. Sebagai RKP tahun ketiga dalam konteks Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024, RKP 2022 dijabarkan dalam 7 Prioritas Nasional (PN). Lihat grafis.

“Untuk itu, pada pagu indikatif tahun 2022, terdapat tiga PN yang mendapatkan prioritas alokasi, yakni PN 3 sebesar Rp 237 triliun, PN 5 sebesar Rp 125,7 triliun, dan PN 2 sebesar Rp106,2 triliun, “jelasnya.

Dikatakan Suharso, untuk memastikan implementasi amanat Presiden yakni making delivered, Bappenas berperan sebagai clearing house dalam pelaksanaan major project yang diharapkan dapat mendukung pemulihan ekonomi. “Upaya itu melalui pengembangan kawasan industri dan smelter, food estate, destinasi wisata reformasi sistem kesehatan nasional, reformasi pendidikan keterampilan dan transformasi digital,” imbuhnya.

Menteri Suharso menjelaskan, RKP 2022 menetapkan sejumlah sasaran pembangunan (lihat grafis), yakni pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran terbuka, tingkat kemiskinan, rasio gini, IPM, penurunan emisi gas rumah kaca, nilai tukar petani dan nilai tukar nelayan. “Tentunya untuk mencapai sasaran tersebut, transformasi ekonomi pada 2022 harus dilaksanakan secara inklusif dan terpadu, salah satunya dengan meningkatkan daya beli dan usaha, ” ucapnya.

Selain itu, transformasi ekonomi juga didukung dengan diversifikasi ekonomi yang dilakukan dengan peningkatan nilai tambah, penguatan ketahanan pangan, pembangunan rendah karbon, dan peningkatan pemerataan infrastruktur, serta kualitas layanan digital.

“Tantangan Indonesia tidak saja pemulihan ekonomi nasional, namun juga transformasi ekonomi dalam jangka menengah dan panjang yang harus dilakukan dari sekarang,” ucap Menteri Suharso. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy