Dana Transfer Tertunda, Keuangan Pemkab Muna Mulai Defisit – Kendari Pos
Muna

Dana Transfer Tertunda, Keuangan Pemkab Muna Mulai Defisit

KENDARIPOS.CO.ID — Kondisi keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna saat ini mengalami defisit, menyusul kebijakan pemerintah pusat menahan dana transfer daerah sekira Rp 200 miliar. Keuangan diperkirakan akan kembali normal jika proses refocusing anggaran selesai dilakukan.

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah Kabupaten Muna, La Mahi mengatakan, dana transfer pusat mulai dari Maret hingga Mei, hingga kini belum masuk ke kas daerah. Setiap bulan dana tersebut mencapai Rp 60 miliar. Dana itulah yang selalu digunakan Pemkab untuk membiayai belanja rutin dan gaji pegawai. “Dana transfer itu sudah tiga bulan tidak masuk. Kalau di kalkulasi bisa sampai Rp200 miliar lebih,” terangnya.

La Mahi

La Mahi menjelaskan, kondisi kas daerah kini sudah hampir minus. Bahkan, setelah pembayaran gaji bulan Mei dan tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri, kas daerah mengalami defisit. Praktis, Pemkab harus melakukan pencairan deposito untuk mengatasi kondisi tersebut. “Salah satu alternatifnya memanfaatkan deposito di Bank. Karena pembayaran gaji Mei dan THR sudah minus Rp14 miliar,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, keterlambatan penyaluran dana transfer pusat ke daerah diakibatkan proses refocusing anggaran yang belum selesai. Tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) masih memilah kegiatan yang bakal ditunda atau harus dihapus dari APBD 2021. Faktor lain yang memerlambat proses itu ialah sering berubahnya regulasi dari pusat. “Mudah-mudahan refocusing bisa sesegera mungkin selesai. Karena menjadi syarat penyaluran dana transfer,” imbuhnya. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy