BPBD Kolut Imbau Warga Waspada Luapan Sungai! – Kendari Pos
Kolaka Utara

BPBD Kolut Imbau Warga Waspada Luapan Sungai!

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka Utara (Kolut) mengimbau masyarakat agar mewaspadai luapan air dari sejumlah sungai besar. Alasannya, belakangan ini Bumi Patawonua dilanda curah hujan tinggi dan berkepanjangan.

Kepala BPBD Kolut, Dra. Hj. Syamsuryani mengatakan sungai-sungai besar berpotensi meluap akibat meningginya arus air yang mengalir dari pegunungan. Setidaknya terdapat 10 aliran sungai, lima di antaranya sungai Rante Angin, Lasusua, Lapai, Lawadia dan Batu Putih. “Air sungai di Kolut jika hujan berkepanjangan, maka debitnya cepat meningkat,”ujarnya, Sabtu (14/5).

Dra. Hj. Syamsuryani

Jika debit air sungai meningkat dan arusnya cukup deras, ia meminta penduduk yang bermukim di bantaran sungai selalu waspada. Bahkan, ia menyarankan meninggalkan rumah demi keselamatan. “Masyarakat mesti mengurangi aktivitas di sejumlah sungai besar, jika cuaca tidak memungkinkan,” pintanya.

Ia menyarankan pemerintah kecamatan dan desa agar bisa menggalang warganya menormalisasi sejumlah drainase. Apalagi, bila hujan berkepanjangan, selalu terjadi banjir di kawasan pemukiman karena drainase yang buruk dan tersumbat. “Gotong royong membersihkan drainase untuk kebaikan dan kenyamanan bersama. Dan seharusnya itu dilakukan sebelum menghadapi musim penghujan,” imbuhnya.

Selain itu, ia berharap masyarakat tertib membuang sampah dan tidak menjadikan drainase tempat pembuangan. Menutup saluran drainase, katanya, fatal saat musim penghujan. Karena menyebabkan air tergenang. Selain itu, ia meminta warga yang bermukim di wilayah pegunungan agar waspada ancaman tanah longsor. (rus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy