Bombana Bersiap Helat Pilkades Serentak – Kendari Pos
Bombana

Bombana Bersiap Helat Pilkades Serentak

KENDARIPOS.CO.ID–Masa jabatan sejumlah Kepala Desa (Kades) di Bombana akan berakhir. Agar tidak terjadi kekosoangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) tahun 2021 ini. Setidaknya, ada 109 desa yang akan melakukan pemilihan Kades baru.

“Tahapan pelaksanaan Pilkades mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) nomor 3 tahun 2015. Di mana setiap Kades yang masa jabatannya berakhir di 2020 dan 2022, akan melaksanakan pilkades secara serentak di 2021,” ungkap Hasdin Ratta, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat desa (DPMD) Bombana kemarin.

Sebelumnya, pihaknya bersama DPRD Bombana telah melakukan revisi beberapa pasal yang ada di dalam Perda nomor 3 tahun 2015 yang dianggap bertentangan dengan Permendagri nomor 72 tahun 2020. Diantaranya, jumlah Tempat Pemilihan Suara (TPS), serta tahapan Pilkades di tengah Pandemi Covid-19. “Alhamdulillah, penyesuaian ini sudah kita perbaiki bersama dengan DPRD Bombana,” katanya.

Untuk jadwal pelaksanaan Pilkades ini sambung Hasdin Ratta, belum bisa dipastikan. Faktor utamanya masih terkendala dengan anggaran. Namun ia berharap bisa segera dilaksanakan. Sebab ada tiga Kades yang masa jabatannya berakhir pada tahun 2020 lalu. “Tiga desa yang Kadesnya telah berakhir masa jabatanya yakni, Desa Batu Lamburi, Desa Lampata, dan Desa Batu Sempe. Ketiga desa Tersebut saat ini dipimpin oleh Plt,” pungkasnya. (c/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy