Berebut Tiket Tiga Besar, Bacalon Rektor UHO Bertambah – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Berebut Tiket Tiga Besar, Bacalon Rektor UHO Bertambah


KENDARIPOS.CO.ID — Sengkarut tahapan pemilihan bakal calon (bacalon) rektor Universitas Halu Oleo (UHO) periode 2021-2025 terurai. Tahapannya kembali bergulir. Besok, delapan bacalon rektor (lihat grafis) berebut “tiket” menuju kualifikasi tiga besar. Mereka akan berkompetisi meyakinkan 113 anggota senat dalam penyampaian visi misi.

Ketua Senat UHO, Prof. Dr. Takdir Saili, mengatakan panitia menegaskan rangkaian pemilihan rektor (Pilrek) UHO sudah sampai pada tahap penyaringan. Tahapan Pilrek ada tiga yakni tahap penjaringan, penyaringan dan pemilihan. Tahap penyaringan yaitu penyampaian visi misi dan program kerja para bakal calon dan pemilihan untuk menuju tiga besar. “Itu juga sudah ditetapkan dan disepakati untuk dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2021,” ujarnya kepada Kendari Pos.

Prof. Takdir Saili menjelaskan pada tahap sebelumnya (tahap penjaringan) dihasilkan tujuh orang bacalon Rektor UHO periode 2021-2025. Namun, ada satu orang bacalon yakni Dr. Eng. Jamhir Safani, S.Si., M.Si merasa dirugikan. “Sehingga melakukan protes atau keberatan ke pihak Dirjen Dikti Kemendikbud Ristek Dikti. Hasilnya, Kemendikbud menerbitkan surat tertanggal 10 Mei 2021. Intinya surat itu ada tiga hal,” sebut Prof.Takdir Saili.

Pertama, berdasarkan hasil pendalaman dan klarifikasi yang dilakukan oleh tim dan para pihak maka disimpulkan bahwa tidak ada tindak plagiasi. Kedua, Senat dan Rektor UHO diminta oleh Dirjen Dikti untuk melakukan pembinaan. “Sehingga civitas akademika UHO mampu menjaga dan menjunjung tinggi etika akademik dalam penulisan dan publikasi karya ilmiah,” imbuh prof.Takdir Saili.

Ketiga, Dirjen Dikti Kemendikbud Ristek Dikti menyampaikan kepada Senat UHO segera melanjutkan tahap penyaringan dengan mengikutsertakan delapan orang bacalon. Termasuk Dr. Eng. Jamir Safani. “Yang semula tujuh balon. Ini tidak berubah. Dan ditambah satu lagi yakni Dr. Eng. Jamir Safani sehingga menjadi delapan bacalon. Itu yg termuat dalam surat tersebut,” jelas Prof.Saili.

Dengan adanya keputusan Dirjen Dikti Kemendikbud Ristek Dikti itu maka otomatis jadwal Pilrek semula berubah. Setelah tahap penyaringan (pemaparan visi misi) baru akan diusulkan jadwal pemilihan rektor ke Kemendikbud Ristek Dikti.

Untuk diketahui, hasil investigasi tim Kemendikbud Ristekdikti menemukan tidak ada tindak plagiasi dalam tulisan karya tulis yang dialamatkan kepada petahana Rektor UHO Prof.Dr.Muhammad Zamrun Firihu, S.Si.,M.Si.,M.Sc seperti yang dilaporkan sejumlah pihak. “Hal itu tertuang dalam surat rekomendasi yang ditandatangani Dirjen Dikti ter tanggal 10 Mei 2021 dan In Sya Allah 18 Mei (besok,red) kita akan lakukan tahapan penyaringan bacalon Rektor,” tutur Prof. Takdir Saili. (ags/b)

Jadwal Pilrek Berubah

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy