Awasi Pusat Perbelanjaan! Cegah Timbulnya Klaster Baru – Kendari Pos
Metro Kendari

Awasi Pusat Perbelanjaan! Cegah Timbulnya Klaster Baru

PELANGGAR PROKES : Seorang warga metro yang terjaring razia protokol kesehatan (Prokes). Bagi yang melanggar diberikan sanksi sosial dan pembinaan untuk tidak mengulangi perbuatannya.


KENDARIPOS.CO.ID– Pada H-7 Idul Fitri, sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Kendari terpantau ramai. Warga mulai memadati beberapa grosir dan ritel modern untuk berbelanja kebutuhan berlebaran. Merespon hal itu, Wali Kota Kendari H.Sulkarnain langsung menginstruksikan jajarannya untuk melakukan pengawasan. Upaya itu untuk mencegah potensi timbulnya klaster baru penularan Covid-19.

“Saya sudah instruksikan Satgas (Satuan Tugas) Percepatan Penanganan Covid-19 untuk melakukan pengawasan pada seluruh pusat perbelanjaan. Petugas harus memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak tetap berjalan agar dapat melindung masyarakat dari resiko penularan virus Corona,” kata Sulkarnain Kadir, kemarin.

Terpisah, Komandan Operasi Yustisi Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kendari AKP Yusuf Muluk Tawang mengaku siap melaksanakan instruksi Wali Kota terkait pengawasan diseluruh pusat perbelanjaan di Kota Kendari. Berbekal 200 personil dari lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Satpol PP, BPBD, Dinkes, Dishub, Diskominfo, Polres Kendari dan Kodim 1417 Kendari, pihaknya bakal memonitoring titik yang dianggap rawan menimbulkan kerumunan.

Titik yang dimaksud seperti Lippo Plaza Kendari, Mall Mandonga, Indogrosir, Matahari Brylian Plaza, Maxcell Depo Teknik dan Bangunan, beberapa supermarket dan minimarket serta pasar tradisional dan modern, termasuk perbankan. “Semuanya masuk pantauan kami,” kata Yusuf.

Yusuf menjelaskan, operasi ini untuk mengantisipasi ketidakpatuhan masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan di pusat perbelanjaan dan perbankan di Kota Kendari. “Mengingat pusat perbelajaan saat ini banyak dikunjungi masyarakat, olehnya kita menggelar operasi ini untuk mamastikan penerapan protokol kesehatan di pusat perbelanjaan itu berjalan sebagaimana yang diharapkan,” ungkapnya.

Sebenarnya kata Yusuf, jauh hari sebelumnya pihaknya telah menggelar operasi serupa. Bahkan kemarin (05/05) pihaknya telah menggelar pengawasab dibeberapa pusat perbelanjaan di Kendari. Dalam operasi pihaknya juga menghimbau pengelola pusat perbelanjaan agar senantiasa mengingatkan pengunjungnya akan penerapan protokol kesehatan.

“Kita memastikan pengelola pusat perbelanjaan itu menjalankan protokol Covid-19 bagi pengunjung, yakni dengan melakukan pemeriksaan suhu dan menghimbau pengunjung untuk mengenakan masker melalui pusat Informasi di tempat tersebut,” kata Yusuf.

Dalam operasi yustisi kemarin, Satgas berhasil menjaring sekira 18 pelanggar prokes. Seluruh pelanggar kedapatan tak memakai masker saat berada di pusat perbelanjaan. Yang terjaring razia diberikan sanksi sosial dan pembinaan untuk tidak mengulangi perbuatannya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy