ADD dan DD Meningkat, Desa Lebih Inovatif – Kendari Pos
Wakatobi

ADD dan DD Meningkat, Desa Lebih Inovatif

KENDARIPOS.CO.ID – Tahun 2021 ini, besaran dana desa (DD) maupun alokasi dana desa (ADD) mengalami peningkatan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan tersebut. Untuk DD diantaranya, alokasi dasar, alokasi afirmasi, dan alokasi kinerja. Dengan ini diharapkan desa bisa memanfaatkan anggaran tersebut dengan baik untuk kesejahteraan dan kemajuan masyarakat. Pemerintah Desa juga seharusnya dapat lebih berinovasi.

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Wakatobi, Juhaidin, berharap, selain untuk pembanguan dan pemberdayaan masyarakat, sudah sepatutnya Pemdes berinovasi. Apalagi hampir setiap tahun baik DD maupun ADD mengalami peningkatan. “Agar anggaran miliar itu punya dampak yang baik dan manfaatnya dirasakan masyarakat,” ungkapnya, Rabu (5/5).
Sementara itu, Kepala Bidang Administrasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Desa (DP3A dan Pemdes) Wakatobi, Sarimu, juga berharap agar desa bisa memanfaatkan anggaran tersebut dengan tepat, untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Untuk tahun ini, DD meningkat sebanyak 2 persen. Tahun lalu sebesar Rp 66 miliar lebih kini meningkat lebih Rp 67 miliar. “Kalau ADD tahun lalu lebih Rp 45 miliar, kini juga meningkat dan capai Rp 47 miliar lebih. Kita sangat berharap agar anggaran ini dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pemerintah desa,” terangnya.
Ia melanjutkan pada awal Maret lalu, puluhan desa telah mengusulkan pencairan tahap satu DD maupun ADD. Bahkan memasuki bulan Mei ini, desa sudah bisa usul pencarian untuk tahap kedua. “Untuk pencairan tahap pertama sudah diusulkan sejak Maret lalu. Sekarang sudah bisa usul untuk tahap kedua,” tambahnya.

Sementara itu, jika proses permintaan sudah tuntas maka anggaran tersebut dicarikan langsung ke rekening kas desa masing-masing. Tahun ini juga dipastikan sebanyak 75 desa Se Wakatobi akan mendapatkan DD maupun ADD dengan besaran anggaran berbeda-beda. (b/thy)

Peningkatan Anggaran di Desa :

  • Penambahan DD mencapai 2 persen
  • Tahun 2020 lalu : Rp 66 miliar lebih
  • Tahun 2021 : Rp 67 miliar lebih
  • Untuk ADD tahun 2020 : Rp 45 miliar
  • Tahun 2021 meningkat : Rp 47 miliar lebih.
  • Sejak awal Maret lalu, Pemdes telah mengusulkan pencairan tahap satu DD maupun ADD.
  • Bahkan memasuki bulan Mei, sudah bisa mengusulkan pencarian tahap kedua.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy