12 Desa di Kolut Buka Layanan Cetak Admiduk – Kendari Pos
Kolaka Utara

12 Desa di Kolut Buka Layanan Cetak Admiduk

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Discapil) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menggandeng Pemerintah Desa guna memudahkan warga desa mengurus administrasi kependudukan. Setidaknya, 12 desa akan membuka layanan percetakan dokumen administrasi kependudukan (Adminduk).

Kepala Discapil Kolut, Buhari menjelaskan 12 desa siap melakukan percetakan dokumen Admiduk . Hal itu guna memudahkan masyarakatnya dalam proses pengurusan yang tidak mahir menggunakan layanan pendaftaran secara online. “Baru 12 desa siap kerjasama. Jika masih ada desa lain yang bersedia, kami terbuka dengan senang hati,” ujarnya, Minggu (16/5).

Buhari

Ia menjelaskan Pemerintah Desa harus melakukan pendaftaran karena hal tersebut dinilai sebagai tugas tambahan bagi mereka. Syaratnya, desa dilarang membocorkan data warga dan bersedia menggaratiskan pelayanan. “Kalau ada pungutan biaya maka, perjanjian kami cabut,” tegasnya.

Selain itu, kata dia, desa mesti menyiapkan, petugas administrasi dan kebutuhan pembuatan Aminduk lainnya. Adapun yang dilayani desa, kata dia, adalah akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK) pindah data, akta kematian, akta perkawinan hingga perceraian. “Terkecuali cetak Kartu Identitas Anak (KIA) dan KTP itu tidak bisa karena harus pakai alat cetak khusus,” tuturnya.

Masyarakat mendaftar di kantor desa dan melengkapi syarat pengurusan Aminduk guna diteruskan ke Dinas Capil. Pihaknya dalam waktu dekat ini juga akan terjun ke 12 desa yang telah menyiapkan fasilitas percetakan itu untuk melakukan sosialisasi serta memandu mekanisme pelayanannya. “Jika semua desa bisa terlibat, masyarakat tidak harus lagi ke Dinas Capil guna mendapatkan ragam dokumen kependudukan tersebut,” katanya. (rus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy