Tina Nur Alam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di SMAN 1 Kendari – Kendari Pos
Edukasi

Tina Nur Alam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di SMAN 1 Kendari


KENDARIPOS.CO.ID– Ratusan peserta terdiri dari tenaga pengajar serta siswa di SMAN 1 Kendari tampak memadati aula sekolah tersebut dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan secara ketat, pekan lalu. Kehad­iran mereka tak lain un­tuk mengikuti sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang dibawakan oleh Anggota DPR RI Komisi X, Dra.Hj. Tina Nur Alam, MM.

Saat membawakan ma­terinya, Tina Nur Alam menjelaskan pentingnya memahami Empat pilar MPR RI, yaitu Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi, UUD tahun 1945, NKRI sebagai Bentuk Nega­ra, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara.

Menurutnya, pemaha­man secara dini sangat penting diberikan utaman­ya pada kaum milenia agar lebih mencintai dan men­junjung tinggi nilai kebang­saan.

“Sosialisasi ini sebagai wujud untuk lebih mem­perkenalkan dan meng­ingatkan kembali, para kaum muda mengenai dasar tatanan negara. Ka­rena itu menjadi hal sangat penting, terlebih karakter para kaum milenial su­dah semakin terkikis dari nilai pancasila, akibat per­geseran nilai atau budaya luar yang masuk. Sehingga sebagai wakil rakyat, yang menangani pendidikan, merasa tergerak untuk bisa menumbuhkan kembali iwa-jiwa nasionalis para siswa menjadi lebih kuat, karena masa depan negeri ini berada di tangan mere­ka,” ungkap Tina Nur Alam, pekan lalu.

Lanjut dia, kegiatan sep­erti ini, akan terus dilaku­kan setiap tahunnya di 17 Kabupaten/Kota. Sebagai wujud dalam memben­tuk karakter para generasi bangsa agar selalu bersikap dan berperilaku berdasar­kan UU dan Pancasila.

“Sebenarnya ini lebih kepada pengembangan karakter, bagaimana siswa bisa lebih mengutamakan sikap dan perilaku baik dalam kehidupan sehari-sehari, sesuai dengan nilai Pancasila dan dasar ne­gara. Karena karakter akan menggambarkan jati diri. Ini yang dibutuhkan bang­sa saat ini. Generasi yang memiliki jiwa yang tangguh serta berkualitas. Untuk itu, sosialisasi seperti ini menjadi solusi yang tepat untuk mewujudkan itu se­mua,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Kendari, Ruslan, M.Si., mengungkapkan ter­ima kasih kepada Tina Nur Alam, yang telah meluang­kan waktunya untuk shar­ing ilmu dan pengetahuan yang sangat baik sekali un­tuk siswa dan guru.

“Pastinya sangat sen­ang, bisa dikunjungi oleh anggota DPR RI, yang juga alumni SMAN 1 Ken­dari. Tentunya pemaha­man empat pilar, sangat-sangat dibutuhkan oleh anak-anak kita sekarang, bagaimana karakter ke­bangsaan harus ditan­amkan sejak dini kepada mereka. Sehingga kedepan, mereka menjadi pribadi yang pemberani dan selalu memegang teguh prinsip negara dalam setiap ke­hidupan,” paparnya.

Mantan kepala SMAN 4 Kendari tersebut, berharap kegiatan yang dilakukan ini, bukan jadi yang tera­khir dilakukan, tetapi men­jadi awalan untuk kegiatan selanjutnya. “Kami hara­pkan akan ada yang lebih dari pada ini, karena peng­etahuan itu sangat penting bagi anak siswa, yang kelak akan menjadi penerus bangsa ini,” pungkasnya. 

Untuk diketahui, kegia­tan sosialisasi dilakukan di Aula SMAN 1 Kend­ari, diikuti sebanyak 200 peserta yang terdiri dari pengurus OSIS dan juga guru. Dimana kegiatan tersebut dilakukan secara lansung, dengan menera­pkan protokol kesehatan yang ketat. (Ilw/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy