STQH XXVI tingkat Provinsi, Muna Raih Emas Terbanyak – Kendari Pos
Nasional

STQH XXVI tingkat Provinsi, Muna Raih Emas Terbanyak


KENDARIPOS.CO.ID — Wajah Kabupaten Muna kini berubah berkat polesan tangan dingin Bupati LM. Rusman Emba. Citra daerah “merah” perlahan terkikis dan sederet prestasi yang diraih pada berbagai sektor. Teranyar, Kabupaten Muna berhasil meraih medali emas terbanyak dalam gelaran STQH XXVI tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara menjadi buah manis yang dipetik setelah gerakan pembinaan bidang keagamaan dilakukan secara masif.

Kafilah Kabupaten Muna dalam ajang STQH tingkat Provinsi Sultra memang finish di peringkat kedua. Sedangkan juara umum digondol kafilah Kabupaten Kolaka. Tetapi dibalik itu, kafilah Muna sebenarnya hanya kalah pada perolehan medali perak dan perunggu. Soal capaian medali emas, Muna adalah yang terbaik, enam emas berhasil dikoleksi. Prestasi itu cukup membanggakan mengingat baru diraih setelah 18 tahun.

Bupati Muna LM. Rusman Emba mengapresiasi perjuangan para kafilah yang diutusnya dalam STQH. Tanpa kerja keras dan semangat belajar yang kuat, mustahil mencapai level tersebut. “Saya mengucapkan terima kasih. Bukan saja kepada kafilah tetapi juga kepada seluruh tim dan pelatih. Ini adalah kehormatan bagi masyarakat Muna,” jelasnya.

Ditanyakan soal resep capaian itu, Bupati Rusman menyebut hal itu tidak terlepas dari perjalan panjang menata daerah. Gerakan pembangunan yang digalakkan dilakukan secara komprehensif. Pembangunan yang dilakukan meliputi segala aspek. Antara infrastruktur dan sosial keagamaan dilakukan seiring sejalan.

Sejak memimpin Muna tahun 2016, bidang keagamaan mendapat posisi prioritas disamping infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi. Gerakan membaca Yasin digencarkan disetiap masjid desa dan kecamatan. Desa binaan juga dibentuk seperti Kampoeng Quran Mantobua. Ajang lomba seperti Musabaqah dan Seleksi Tilawatil Quran juga dilakukan secara bergiliran di setiap kecamatan. Tujuannya agar semangat dan syiar agama menggema hingga ke pelosok daerah.

“Semua dilakukan secara terukur dan terstruktur. Kita memang ingin membentuk masyarakat yang memiliki peradaban tinggi. Tidak saja fisik melainkan mental dan spiritual,” terang Rusman.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Muna, Abdul Azis Teo menjelaskan, Kab. Muna meraih enam emas, dua perak dan satu perunggu. Secara akumulatif, Muna tertinggal dua poin dari juara umum, Kolaka. Meski demikian, enam emas yang diraih Muna merupakan capaian tertinggi dari 16 kontingen daerah lain. Muna tercatat menguasai cabang tilawah dan hifzhil Quran. “Kesyukuran kami bertambah, karena Bupati Muna memberi bonus umrah bagi peraih medali emas,” terangnya. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy