RPJMD Disusun, Prioritas Pemerataan Pembangunan – Kendari Pos
Kolaka Timur

RPJMD Disusun, Prioritas Pemerataan Pembangunan

KENDARIPOS.CO.ID–Rancangan awal rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) tahun 2021-2026, memasuki tahapan konsultasi publik sejak awal pekan ini. Plt Bupati Koltim, Hj. Andi Merya Nur, menyampaikan, RPJMD merupakan patron pembangunan daerah agar terarah dan teratur dalam merealisasikan visi sejahtera bersama masyarakat (SBM) yang agamais, maju, mandiri dan berkeadilan. “Dalam visi tersebut dijabarkan 10 misi pembangunan daerah. Mulai dari peningkatan sumber daya manusia berbasis ajaran agama, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta budaya lokal. Peningkatan aksebilitas, pemerataan dan kualitas pelayanan masyarakat. Juga percepatan infrastruktur publik yang damai dan efektif. Penguatan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan transparasi melayani masyarakat,” papar Andi Merya, kemarin.

Plt Bupati Koltim, Hj. Andi Merya Nur ketika memberikan sambutan dalam kegiatan konsultasi publik rancangan awal RPJMD 2021-2026.

Poin berikutnya adalah peningkatan ekonomi masyarakat dan produktifitas pertanian, perkebunan, UMKM, pelaku usaha. Penguatan peran Pemerintah Desa dalam pemberdayaan masyarakat. Termasuk pembinaan dan pemberdayaan kepemudaan olahraga dan seni budaya. Mengembangkan potensi wisata. Terwujudnya masyarakat yang damai, aman dan tertib. Pengelolaan pembangunan yang berwawasan lingkungan hidup. Ia menambahkan, dalam arah pembangunan daerah, yang menjadi skala prioritas adalah pemerataan pembangunan di wilayah Koltim.

“Target kinerja ekonomi daerah kita pada 2021-2026 yakni, mulai 5,63 sampai 6,20 pada akhir masa periode. Tingkat penduduk miskin dimulai 13,17 persen menjadi 12,80 persen pada akhir masa periode. Tingkat pengangguran terbuka dimulai 3,25 persen sampai dengan 2,95 persen pada akhir periode. Sedangkan indeks pembangunan manusia dimulai 66,49 sampai dengan 67,25 persen pada akhir masa periode. Gini ratio dimulai 0,3606 sampai dengan 0,3582 pada akhir masa periode. Kontribusi PDRB sector pertanian dimulai 42,06 persen sampai dengan 42,53 pada akhir masa periode,” rinci Andi Merya. (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy