Pemkab Kolut Imbau Buka Puasa dan Sahur di Rumah – Kendari Pos
Kolaka Utara

Pemkab Kolut Imbau Buka Puasa dan Sahur di Rumah

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) telah menerima surat edaran Kementerian Agama (Kemenag) RI terkait panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriah atau 2021 Masehi. Rapat digelar untuk menyinkronkan dengan kondisi penanganan Covid-19 di wilayah tersebut, Jumat (9/4). Asisten I Sektab Kolut, Drs. Ashar, menjelaskan, inti dari surat dan upaya penyesuaian itu lebih pada agar umat Islam bisa menjalankan ibadah puasa hingga lebaran hari raya dengan tertib, lancar dan sesuai protokol kesehatan tanpa menyalahi hukum syariah dan tata cara ibadah.

Rapat koordinasi yang digelar Pemkab Kolut, menindaklanjuti surat edaran Kementerian Agama terkait panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriah

“Prokes itu baik agar kita tetap sehat dan terhindar Covid-19. Jika sehat dalam menjalankan ibadah juga nyaman,” ujar Ashar, kemarin. Surat edaran yang ditandatangani Menag RI, Yaqut Cholil Qoumas, Senin (5/4) itu ada 11 poin. Salah satunya anjuran agar sahur dan buka puasa cukup di rumah dan pembatasan jumlah jamaah di tempat ibadah serta batas durasi pengajian atau ceramah, tausiah, kultim Ramadan, kuliah subuh paling lama 15 menit.

“Tidak dilarang sahur dan buka puasa di masjid tetapi disarankan kalau bisa di rumah saja bersama keluarga sebagaimana isi surat,” terangnya. Akan tetapi, kegiatan-kegiatan keagamaan di masjid dan sejenisnya diberi batasan dengan cukup 50 persen dari kapasitas ruangan. Hal itu termasuk peringatan malam Nuzul Quran di suatu gedung juga berlaku sama. Secara umum aturan Menag tidak ada pelarangan terkecuali pembatasan jamaah saja yang pada intinya sebagaimana protokol kesehatan yang berlaku selama ini semisal jaga jarak dan lain-lain,” papar Ashar.

Dalam ibadah di masjid misalnya, para jamaah membawa sejadah atau mukenah masing-masing dan untuk pengurus masjid wajib melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin termasuk penyiapan sarana protokol lain. Meski begitu, Pemkab masih akan membahas lebih lanjut soal surat edaran itu karena akan disesuaikan dengan kondisi Kolut saat ini. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy