Peminat Beasiswa Pendidikan Bersinar Meningkat – Kendari Pos
Sulawesi Tenggara

Peminat Beasiswa Pendidikan Bersinar Meningkat

KNEDARIPOS.CO.ID–Peminat beasiswa dari program Pendidikan Bersinar Kabupaten Wakatobi mengalami peningkatan cukup signifikan. Jumlahnya naik hampir 100 persen. Tim Pendidikan Bersinar harus mengusulkan anggaran tambahan untuk menanggulangi lonjakan penerima yang telah terverifikasi. Jika tahun 2019 lalu, mahasiswa baik tingkat Starata I (SI) dan Starata II (S2) mulai dari yang kuliah di dalam negeri maupun di luar negeri hanya sebanyak 540 orang yang memenuhi syarat dan layak menerima beasiswa bersinar, maka tahun 2020 menjadi 971 orang.

La Ali Wangi

Kepala Dikbud Wakatobi, La Ali Wangi, menyebut lonjakan usulan beasiswa bersinar karena sosialisasi yang sudah cukup intens selama beberapa tahun terakhir. Jika tahun 2017 lalu harus ada pengembalian ke kas negara karena anggaran yang disiapkan untuk program ini karena tak terpakai semuanya, tahun 2018 hingga 2020 justru sebaliknya. “Hampir setiap tahun mengalami peningkatan. Kita juga ada tim yang turun langsung dan memverifikasi berkas-berkas para mahasiswa yang mengusul program ini. Tapi perlu ditekankan bahwa program itu bagi mereka yang berprestasi. Tim kami sudah lakukan sosialisasi terkait hal itu,” terangnya, Selasa (13/4).

Sementara itu, Nurmasi, Kepala Seksi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan sekaligus Ketua Tim Verifikasi Berkas Beasiswa Bersinar menyebut, lonjakan penerima beasiswa ini juga mendapatkan respon positif dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi. Terlambatnya pencarian ke rekening masing-masing tahu lalu disebabkan beberapa faktor termasuk adanya usulan tambahan anggaran. “Alhamdulillah usulan tambahan anggaran melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) tahun lalu disetujui sebesar Rp 1 miliar. Jadi selain dari APBD induk ada lagi tambahan untuk penerima sebanyak 971,” bebernya.

Bahkan pencairan yang seharusnya dilakukan sebelum pembayaran SPP terpaksa dilakukan pada akhir tahun. “Jadi masuk ke rekening masing-masing itu akhir tahun. Bahkan ada yang menyeberang tahun. Karena ada beberapa mahasiswa yang berkasnya seperti nomor rekeningnya tidak aktif lagi,” jelas Nurmasi. Untuk mengantisipasi hal ini terulang lagi, pihaknya memberikan penekanan kepada para mahasiswa yang mengusulkan beasiswa prestasi. Salah satunya, buku rekening harus aktif dan minimal memiliki saldo Rp 100 ribu. Serta harus menggunakan buku rekening dari salah satu bank yang telah ditentukan oleh tim. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy