Material Siap, PHJD Tuntas Oktober – Kendari Pos
Wakatobi

Material Siap, PHJD Tuntas Oktober

KENDARIPOS.CO.ID– Sebagai kegiatan yang memiliki kontrak pasti, pekerjaan fisik program hibah jalan daerah (PHJD) telah dimulai. Sesuai target, proyek yang dikerjakan sejak 1 Maret 2021 itu, harus tuntas 28 Oktober 2021 mendatang. Lebih sebulan dikerjakan, material proyek yang merupakan kuota ketiga untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi itu, dipastikan aman.

Tahapan pekerjaan fisik program hibah jalan daerah yang dilakukan di Pulau
Tomia. Proyek tersebut ditargetkan tuntas 28 Oktober 2021 mendatang. DINAS PUPR WAKATOBI FOR KENDARI POS

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Wakatobi, Munawar, menyebut, untuk seluruh material PHJD di pulau Tomia tidak berasal dari Wakatobi. Saat ini, seluruh material kelas A dan aspal dari luar daerah tersebut, sudah berada di Pulau Tomia. Untuk pekerjanya, sebagian adalah warga lokal. Itu sesuai yang disampaikan pada saat sosialisasi terakhir. “Semua materialnya sudah siap. Untuk pekerja ada sebagian dari Pulau Tomia. Ada juga yang di luar daerah karena untuk warga lokal belum bisa melakukan pekerjaan tersebut. Mereka bekerja sesuai dengan keahlian masing-masing,” ungkap Munawar, Kamis (22/4).

Selain itu, beberapa pekerja penyandang disabilitas yang jauh-jauh hari telah mendaftar bisa terlibat dalam kegiatan PHJD. “Tentu direkrut sesuai dengan kemampuannya. Seperti mendata atau bukan pada pekerjaan berat,” tambahnya. Untuk asphalt mixing plant (AMP) lanjut Munawar sudah dibangun di sekitar Desa Waiti’i, Kecamtan Tomia. Sehingga PHJD di Tomia dipastikan menggunakan hotmix atau aspal panas. “Kalau materialnya kita ambil dari Moramo.Kita berharap pekerjaan ini berjalan lancar dan selesai tepat waktu sesuai target,” harapnya.

Jika pekerjaan yang menyerap anggaran kurang lebih Rp 31 miliar ini tidak terealisasi sesuai tahapan dalam kontrak, tentu ada konsekuensi menanti. Untuk itu, agar seluruh biaya PHJD (sebelumnya menggunakan anggaran pendapatan dan belanja dearah) bisa dibayar melalui APBN, maka kontrakor proyek harus menuntaskan kegiatan ini sesuai spek yang telah ditentukan Pemerintah Pusat. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy