Masyarakat Diajak Berinfak – Kendari Pos
Metro Kendari

Masyarakat Diajak Berinfak

KENDARIPOS.CO.ID— Momentum ramadan hendaknya dimanfaatkan umat untuk berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan. Pasalnya, ibadah yang ditunaikan bakal dilipatgandakan pahalanya. Pesan itu disampaikan Wali Kota Kendari H.Sulkarnain Kadir dalam lawatan silaturahminya di Kelurahan Puuwatu, Kecamatan Puuwatu.

Pada kesempatan itu, Sulkarnain Kadir mengajak seluruh umat muslim khususnya warga Kelurahan Puuwatu untuk tidak sungkan berinfak ramadan. Menurutnya, upaya itu sangat positif karena selain bernilai pahala juga melatih masyarakat dalam menginfakkan hartanya.

“Kita ingin masyarakat membiasakan diri berinfak untuk membantu saudaranya yang lain. Karena melalui infak ini, dapat melatih masyarakat untuk mengeluarkan sebagian hartanya, yang nantinya kalau memenuhi ketentuan syariat itu bisa disalurkan kepada yang berhak menerimanya,” kata Sulkarnain Kadir.

Terpisah, Kabag Kesra Pemkot Kendari H.Abdul Rauf mengaku pihaknya bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) lainnya di Kota Kendari bersepakat mengeluarkan himbauan yang sifatnya mengajak kepada seluruh masyarakat yang ingin berinfak dibulan ramadan dengan nominal minimal Rp 20 ribu atau secara sukarela. “Mudah-mudahan saudara kita yang berkecukupan mengeluarkan infak secara suka rela dalam bulan suci Ramadan,” kata Abdul Rauf.

Mekanisme penyaluran infak kata dia, sama dengan zakat. Yakni dapat dilakukan melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) atau amil zakat. Selanjutnya, amil akan membawa infak tersebut ke Baznas Kendari, “Nanti Baznas akan menyalurkan kepada yang berhak menerima zakat ini,” kata Abdul Rauf.

Senada, Kepala Baznas Kota Kendari Alimuddin mengungkapkan, untuk pembayaran infak maupun zakat bisa dilakukan melalui UPZ yang ada disetiap masjid maupun datang langsung di Kantor Baznas Kendari di Jalan Pasaeno Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia,

“Jadi pada saat membayar zakat fitrah, include juga bagi yang mampu untuk berinfak. Yang ditetapkan minimal Rp 20.000 per KK (Kepala Keluarga),” kata Alimuddin.

Alimuddin tak menyebut target penerimaan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) tahun ini, yang jelas dana yang masuk akan langsung didistribusikan kepada mereka yang berhak menerima seperti golongan fakir atau orang yang tidak mempunyai harta atau hasil usaha (pekerjaan) untuk memenuhi kebutuhan pokoknya dan tanggungannya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy